Rabu, 08 Desember 2010

manfaat kedelai bagi wanita

2 komentar

kacang kedelai yang kelihatan sangat sederhana ternyata memiliki banyak manfaat yang luar biasa. Dahulu, kacang kedelai hanya dikenal sebagai tumbuhan yang memiliki asam amino essensial yang lengkap untuk kesehatan dan kesuburan. Kini, kacang kedelai memiliki banyak manfaat, termasuk untuk program pengurangan berat badan(diet).

menurut dokter David Heber dalam bukunya yang berjudul “The LA shape diet”, wanita memerlukan 100 gram protein untuk melawan rasa lapar dan membangun otot badan mereka agar tetap ramping selama program pengurangan berat badan. Dan untuk mencapai protein yang tinggi dengan kadar kalori yang sedikit, maka protein kedelai lah yang cocok.

Dr. Heber lebih merekomendasikan protein kacang kedelai, karena protein kedelai lebih lembut dan aman  serta sehat untuk mempercepat mengurangi berat badan secara permanen. Disamping itu, kedelai juga tidak mengandung kolesterol jahat yang tidak kita inginkan seperti pada hewan. Kedelai juga memiliki jumlah kalori yang rendah dibanding sumber protein lainnya dalam ukuran yang sama.

selain untuk program diet, manfaat kedelai juga bermacam-macam diantaranya adalah:

kedelai mengandung isoflavon yang tinggi

isoflavon adalah semacam senyawa yang hanya terdapat pada tumbuhan yang memiliki sistem antioksidan. Senyawa isoflavon ini dapat memperbaiki, membantu mencegah kerusakan sel yang biasanya disebabkan oleh polusi, sinar matahari, atau proses tubuh. Radikal bebas juga dapat merugikan sistem imun, karena sering merusak sel. Mereka juga bertanggung jawab atas proses penuaan yang terlalu cepat. Disini isoflavon membantu memperkuat tubuh dari radikal bebas.


Mengurangi resiko serangan jantung

Protein pada kedelai mengandung LDL kolesterol atau kolesterol yang baik dan dapat menurunkan tekanan darah.sehingga Secara tidak langsung kedelai dapat mengurangi resiko serangan jantung dan stroke.


Melindungi dari kanker

Serat kedelai yang dapat larut melindungi tubuh dari berbagai penyakit regeneratif yang erat kaitannya dengan kanker, seperti kanker usus dan kanker pada bagian tubuh lainnya. Disamping itu, isoflavon yang terdapat pada kedelai juga dapat mencegah beberapa kanker, seperti kanker payudara, kanker kandungan, dan kanker prostat. Isoflavon disini bekerja melawan sel-sel kanker.


Mengurangi Sakit pada Haid

Kandungan isoflavon pada kedelai juga dapat membantu mengimbangi berbagai hal dalam siklus alami tubuh wanita. Seperti mengurangi nyeri saat haid bulanan, mencegah terjadinya pendarahan yang hebat karena gejala endometriosis.


Melindungi dari Resiko osteoporosis

Protein pada kedelai mempertinggi kemampuan tubuh untuk menyerap dan menahan secara lebih baik terhadap tulang. Isoflavon juga terbukti memperlambat serta mencegah kerusakan pada tulang, sehingga dapat mencegah osteoporosis. Malah, terdapat fakta mengejutkan bahwa isoflavon juga berperan dalam terbentuknya tulang-tulang baru.


Mengontrol gejala menopause dan perimenopause

Isoflavon pada kedelai membantu tubuh untuk mengatur hormon estrogen ketika hormon ini naik dan turun, sehingga hal ini juga dapat meringankan berbagai gejala yang berhubungan dengan menopause.  


Membantu mengontrol Penyakit Diabetes dan ginjal

Protein pada kacang kedelai dan serat larutnya membantu mengatur lever glukosa dalam tubuh serta proses penyaringan pada ginjal. Sehingga dapat membantu mencegah penyakit diabetes dan ginjal.


Memperhalus dan Meremajakan Kulit

Ingin kulit anda lebih halus dan Kelihatan awet muda? Maka sering-seringlah mengknsumsi produk olahan kedelai. Produk olahan kedelai seperti susu kedelai, terbukti mampu mencegah penuaan dini pada kulit, disamping itu, dapat juga memperhalus kulit. Mungkin hal ini dikarenakan peranan isoflavon pada kedelai.
Sumber : readbud.com
               Tiyangkayunan.blogspot.com





kunjungi juga :  kedelai Raksasa
                        Vitamin D pencegah Kanker
                       Makanan Pembuat awet muda dan umur panjang
                       Makanan pelindung Otak
                       mencegah Osteoporosis dengan Tomat
                       10 Makanan Terbaik bagi jantung anda



2 komentar:

Posting Komentar