Sabtu, 13 November 2010

5 tipe insulin

0 komentar
wah kali ini saya membahas tentang insulin...yah insulin, adalah salah satu hormon yang mengubah glukosa menjadi glikogen (kayaknya..hehe). suntik insulin atau memasukan hormon insulin ke dalam tubuh adalah wajib bagi mereka yang memiliki masalah  akan produksi hormon insulin (penyakit diabetes coy..ngerti kan???). nah, ternyata di dunia ini ada 5 tipe insulin yang menjadi pilihan bagi penderita diabetes. kelima tipe ini berbeda-beda tergantung cocok enggaknya dengan pemakainya.




berikut ringkasannya :

1. Rapid-acting insulin
pernah dengar nama Humalog (lispro), NovoLog (aspart), Apidra (glulisine)??

rapid-acting insulin adalah jenis insulin yang dikonsumsi di pakai sebelum atau sesudah  penderita diabetes makan. berfungsi untuk mengontrol lonjakan gula darah. tipe insulin ini biasanya dipakai sebagai tambahan dalam mengkonsumsi insulin yang bekerja lambat.

insulin ini bekerja secara cepat setelah dikonsumsi  hanya sekitar 15 menit sampai 30 hingga 90 menit. dan mampu bekerja selama 3-5 jam.

keuntungannya insulin ini dapat bekerja dengan sangat cepat.






2. short-action insulin
insulin jenis ini biasanya memenuhi kebutuhan insulin saat makan (bersamaan).
biasanya dikonsumsi 30 sampai 1 jam sebelum makan.
Jenis insulin berlaku dalam waktu sekitar 30 menit sampai satu jam, dan puncak setelah dua sampai empat jam. Efeknya cenderung terakhir sekitar lima sampai delapan jam.
Keuntungan terbesar insulin short-acting adalah bahwa Anda tidak harus mengambil setiap kali makan. Anda bisa mengambilnya saat sarapan dan makan malam dan masih memiliki kontrol yang baik karena berlangsung sedikit lebih lama.


3. Intermediate-acting insulin
Intermediate-acting insulin dapat mengontrol kadar gula darah selama sekitar 12 jam atau lebih, sehingga dapat digunakan dalam semalam.
Ia mulai bekerja dalam waktu satu sampai empat jam, dan puncak antara empat dan 12 jam, tergantung pada merek.
  





4. Long-acting insulin
Long-acting insulin memiliki onset satu jam, dan berlangsung selama 20 hingga 26 jam dengan tanpa puncak.
Jenis insulin cenderung untuk menutupi kebutuhan insulin sehari penuh. Hal ini sering diambil pada waktu tidur.
long-acting insulin ini  menyediakan cakupan 24-jam, dan telah membantu untuk mencapai kontrol gula darah baik pada diabetes tipe 2 hanya dengan satu obat.



5. Pre-mixed insulin


Jenis insulin insulin menggabungkan menengah dan pendek-acting. Hal ini sering diambil dua kali sehari sebelum makan. Ini harus diambil 10 menit sampai 30 menit sebelum makan.
 insulin campuran berlaku dalam 5 sampai 60 menit, dan waktu puncaknya bervariasi. Yang terakhir dari 10 hingga 16 jam efek.
Insulin campuran ini dirancang untuk menjadi lebih nyaman. Tetapi tidak semua orang memiliki kebutuhan insulin yang sama, sehingga mereka tidak cocok  ke dalam kategori campuran 







0 komentar:

Posting Komentar