Minggu, 26 Juni 2011

Manfaat Buah Dan Biji Mahoni

2 komentar
   Mahoni adalah salah satu tumbuhan jenis kayu-kayuan yang berasal ari Afrika dan Hindia barat. Pohon mahoni sering tumbuh di daerah yang berpasir payau yang biasanya berdekatan dengan pantai. Pohon mahoni juga sering di temui di hutan jati dan sekarang sering ditemui di pinggir jalan raya sebagai pohon pelindung.

   Selama ini, bagian dari pohon mahoni yang banyak digunakan hanya batang pohon yang biasa digunakan sebagai bahan furniture, sedangkan bagian buah khususnya buahnya sangat jarang termanfaatkan. padahal, buah mahoni mengandung zat bernama flavonids dan saponins. dimana Flavonolds sendiri dikenal memiliki khasiat untuk melancarkan peredaran darah sehingga para penderita penyakit yang menyebabkan tersumbatnya aliran darah disarankan untuk mengkonsumsi zat ini. selain itu, Flavonolds juga bisa untuk mengurangi kolesterol, mengurangi penimbunan lemak pada saluran darah, mengurangi rasa sakit,mengurangi pendarahan dan lebam, serta dapat menjadi antioksidan untuk menangkal radikal bebas.yang kedua, Saponins. Saponins memiliki beberapa khasiat diantaranya dapat mencegah penyakit sampar, dapat juga mengurangi lemak pada badan, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah pembekuan darah, menguatkan fungsi hati dan memperlambat proses pembekuan darah.

gimana semakin banyak manfaatnya kan?
tapi rasanya tak sayang bila tidak kenal. nah karakteristik atau penampakan buah mahoni ini adalah buah masih bewarna hijau ketika muda, sedangkan kalau sudah tua berwarna cokelat.secara umum, bentuk buah mahoni adalah bulat telur, dan berlikuk lima. buah mahoni memiliki biji yang pipih dan ujungnya agak tebal bewarna coklat atau hitam. apabila buah sudah tua, kulit buah mahoni akan terpecah dan biji-bijinya akan terbang tertiup angin. dari biji-biji kecil inilah pohon mahoni yang baru akan tumbuh.

   Nah dari penjabaran tersebut, buah mahoni memiliki beberapa khasiat sebagai obat beberapa penyakit diantaranya adalah penyakit tekanan darah tinggi(Hipertensi), Kencing manis (Diabetes militus), Kurang nafsu makan, Rematik, Demam, Masuk angin, Ekzema dan lain-lain.

Cara Pemakaian buah mahoni sebagai Obat :

1. Tekanan darah tinggi(Hipertensi)

cara pertama : 8 gram biji segar pohon mahoni diseduh dengan 2 gelas air panas. setelah dingin disaring lalu dibagi menjadi 2 bagian. diminum saat pagi dan sore hari.

cara kedua : setengah sendok teh serbuk biji mahoni diseduh dengan setengah cangkir air panas, tambahkan 1 sendok makan madu. minum pada waktu hangat-hangat, lakukanlah 2 sampai 3 kali sehari.

2. Kencing manis (Diabetes militus)

seduhlah setengan sendok teh serbuk biji mahoni dengan sepertiga cangkir air panas. minumlah selagi hangat, 30 menit sebelum makan. lakukanlah 2 sampai 3 kali sehari.

biasanya pengunaan biji mahoni ini untuk pengobatan kencing manis tidak dibarengi dengan obat alami kencing manis lainnya seperti hewan undur-undur.

3. Kurang nafsu makan

kurang nafsu makan sering sekali terjadi pada anak-anak.untuk mengobatinya,cobalah memakai biji mahoni sebagai solusi alternatif.pemakaiannya sebagai berikut :

setengah sendok teh serbuk mahoni diseduh dengan sepertiga cangkir air panas, tambahkan 1 atau 2 sendok makan madu. minumlah selagi hangat, lakukan 2 sampai 3 kali sehari.

4. Demam, masuk angin

cara pemakaian : seduhlah setengah sendok teh serbuk biji mahoni dengan seperempat cangkir air panas, lalu tambahkan satu sendok makan madu. minumlah selagi hangat, lakukan dua sampai tiga kali sehari.

nah, pengobatan alami mengunakan biji dan buah mahoni mungkin patut dicoba sebagai alternatif pengobatan alami.







Gambar Pohon mahoni saat bibit

Gambar Pohon mahoni


 Gambar Buah Mahoni


Gambar buah Mahoni Kering

2 komentar:

Poskan Komentar