Senin, 22 November 2010

10 makanan sehat bagi jantung

5 komentar

10 makanan terbaik buat jantung

Jantung, saat kita mendengarnya, pastinya akan teringat akan detaknya, teringat akan bentuknya, dan juga ukurannya. Jantung termasuk organ tubuh terpenting nomor 2 setelah otak. Karena melalui jantung lah, darah dan sari-sari makanan dapat terdistribusikan keseluruh tubuh dengan baik. Melalui jantung pula,menandakan sehat tidaknya seseorang. Dan jantung juga menjadi indikasi seseorang tersebut hidup atau mati dalam ukuran medis. 

Seperti yang kita ketahui, jantung sangat berarti bagi kita. Kita tentunya tidak ingin membuat jantung kita kerja berat dan sakit karena suatu hal. Tentunya, hal ini akan membuat kita menderita. Ada beberapa ha untuk membuat jantung kita sehat. Salah satunya dengan makanan. Berikut ini adalah 10 makanan terbaik bagi jantung.

1. Oatmeal
Oatmeal, pastinya bagi anda sering banget mendengar iklan ini di TV kesayangan anda. Ya oatmeal memang populer sebagai makanan anti kolesterol. Hal ini memang wajar, karena di dalam oat meal, terkandung omega 3 yang melimpah, asam folat dan potasium. Juga serat pada oatmeal dapat menurunkan LDL, kolesterol yang jahat bagi tubuh.

Umumnya  di indonesia  oatmeal sudah tersedia dalam kemasan saji. Jadi kita tidak usah repot-repot. Nah oleh karena itu, mulailah sarapan dengan sarapan sehat, contohnya dengan semangkuk oatmeal.



2. Salmon
Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 yang sangat efektif menurunkan tekanan darah dan pembekuan darah. Penyajian 2 kali dalam seminggu dapat menguranggi resiko serangan jantung hingga 3 kali dari pada yang tidak mengkonsumsi. Wao....

Disamping itu, salmon juga mengandung carotenoid astaxanthin yang sangat ampuh sebagai anti oksidan.
Sebaiknya, dalam mengkonsumsi salmon, harus hati-hati. Sekarang banyak salmon yang diternakkan. Sehingga tidak menutup kemungkinan, akan adanya pestisida, dan beberapa obat-obatan kimia dalam tubuh salmon. Lebih baik mengkonsumsi salmon laut, atau salmon liar.


3.Apukat
Bagi para pecinta jus apokat, keep going...lanjutkan. karena apukat dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) serta dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) di dalam Tubuh.
Apokat juga dapat mengabsorsi berbagai senyawa karotenoid. Khususnya beta karoten dan lycopen. Dua senyawa ini sangat penting bagi kesehatan jantung.


4. Minyak Zaitun
Wah minyak zaitun. Minyak ini jarang sekali digunakan dalam masakan tradisional indonesia. Lkarena rata-rata masakan indonesia bersantan dan berupa kukus-mengukus. Tapi dinegara-negara Timur tengah , eropa, dan beberapa negara amerika latin. Pengunaan minyak zaitun sangatlah sering dan intensif. Minyak ini digunakan dalam berbagai hal, dalam beberapa masakan, salad bahkan ada juga yang digunakan dalam campuran minuman bahkan sampai perawatan kecantikan.

Seharusnya kita mengkonsumsi minyak zaitun ini walaupun dalam jumlah yang sedikit. Karena minyak zaitun dapat mengurangi kadar lemak jahat dalam Tubuh serta dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung yang disebabkan selain kolesterol.

5. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan disini bukan semua jenis kacang-kacangan baik, tapi ada beberapa yang baik untuk jantung. Contohnya walnuts,almonds  dan kacang macadamia. Kita khususkan pada walnut. Walnut ternyata juga baik bagi jantung. Karena kaya akan asam lemak omega 3, dan menambah serat yang berguna saat sedang diet. Saat ini, walnut populer karena selain menyehatkan juga dapat diolah menjadi berbagai masakan yang enak. Ayo siapa mau coba.???

6. Berries
Siapa yang tidak kenal blueberries, blackberries, strawberries, dan raspberries??. Ya terserah, semua keluarga beri ini sangat ampuh untuk kesehatan jantung. Rata-rata beri ini mengandung anti-uinflammatories. Yaitu suatu zat yang dapat mengurangi resiko sakit jantung dan kanker.selain itu, semua berrie menyehatkan otot-otot jantung.




7. Polong-polongan
Polong-polongnya contohnya kacang polong, kacang merah, kacang koro, dan kacang panjang umumnya kaya akan asam lemak omega 3 yang tinggi, kalsium dan serat larut. Serta, kacang polong-polongan ini umumnya mudah didapat di indonesia bahkan sampai di kampung-kampung, tidak seperti beberapa bahan makanan di atas. Jadi, lebih mudah kan untuk mendapatkannya?.



8. Bayam
Tumbuhan ini adalah iconnya popeye the sailor man...masih ingatkan?. Bayam, tumbuhan yang multi guna dan ternyata juga sangat baik bagi kesehatan jantung. Mengapa? Karena bayam juga mengandung lutein, serat, potasium dan asam folat. Sehingga dalam suatu penelitian, orang yang mengkonsumsi bayam dapat menurunkan 25% resiko terkena serangan jantung.
Tapi, mengkonsumsi bayam harus hati-hati, bila sudah lebih dari 3 jam dengan titik tolak dari memasak, sebaiknya jangan dimakan. Karena dikondisi seperti ini, bayam justru mengandung racun yang tidak baik untuk tubuh.

9. Biji Lamtoro
Wah biji lamtoro ternyata juga ampuh dalam kesehatan jantung. Biji lamtoro ini kaya akan serat, omega 3 dan omega 6. Pengkonsumsian dalam jumlah keil terbukti dapatmenurunkan resiko serangan jantung. Biasanya biji ini dapat digunakan sebagai kuwaci, makanan ringan khas indonesia.


10. Kedelai
Kedelai mengandung kolesterol dalam kadar rendah banget. Tapi kedelai ini sehat dan bagus untuk diet sehat. Karena mengandung protein tak berlemak. Umumny masyarakat indonesia hampir tiap hari mengkonsumsinya. Berupa tempe Dan Tahu. Sebaiknya konsumsi rutin akan mengurangi resiko terkena penyakit jantung.



sumber : health.com

5 komentar:

Posting Komentar