Rabu, 01 Desember 2010

Makanan pembuat awet muda dan panjang umur

1 komentar
Makanan pembuat awet muda dan panjang umur

Tanda-tanda penuaan banyak sekali. Mulai dari kulit yang keriput, kulit yang kusam, timbulnya bintik-bintik hitam, kulit kering dan kasar dll. Hal disebabkan oleh beberapa faktor baik itu faktor internal maupun faktor eksternal. Nah, menunda penuaan atau bahasa kerennya ingin tetap awet muda merupakan sesuatu yang diidamkan manusia khususnya kaum wanita. Untuk itu, kadang mereka rela mengeluarkan ratusan ribu hingga puluhan juta guna membeli kosmetik-kosmetik yang mahal, guna melakukan perawatan di salon-salon ternama. Sebetulnya, penuaan tersebut erat kaitannya dengan vitamin E (yang fungsinya kepada kulit), zink, omega 3, dan beberapa zat lainnya.  Ada cara yang lebih murah dan tentunya lebih sehat(karena zat-zat kimianya sedikit) yaitu dengan mengkonsumsi makanan-makanan penyumbang vitamin  E. Nah berikut adalah makanan-makanan yang dapat menunda penuaan yang rata-rata mengandung vitamin E.dan selain makanan-makanan pembuat awet muda, terdapat pula makanan-makanan yang baik agar panjang umur.

makanan pembuat awet muda

Kiwi
Buah ini kaya vitamin C sebagai antioksidan dan juga vitamin E yang mencegah penuaan sel. Menurut Elizabeth Somer, penulis buku Age-Proof Your Body, vitamin E ini melindungi sel dan mencegah kerusakan jaringan kolagen akibat paparan sinar ultraviolet.rata-rata orang indonesia masih jarang mengkonsumsi buah ini sehari-hari.

Tiram
Seafood ini merupakan penghasil utama zinc yang diperlukan untuk menjaga jaringan kolagen sehingga kulit tetap sehat. Zinc diperlukan untuk proses regenerasi sel-sel kulit Anda.biasanya anda dapat memperoleh tiram dalam bentuk saus tiram, hal ini tidaklah mengapa, karena saus tiram juga mengandung nutrisi tersebut.

Salmon
Ikan salmon kaya asam lemak omega 3 yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, kandungan DHA-nya membantu menjaga sistem imunitas tubuh dan mencegah timbulnya sel kanker kulit.

Sereal whole-grain
Sereal kaya serat ini mengandung banyak vitamin B kompleks, meliputi folat, B6 dan B12. Semua zat gizi itu diperlukan oleh rambut supaya tetap sehat. Vitamin B membantu produksi sel darah merah yang membawa oksigen dan nutrisi ke akar rambut dan kulit kepala.selain itu, sereal whole-gain juga termasuk biji-bijian yang kaya akan vitamin E.
Jika kekurangan vitamin B kompleks, Anda bisa mengalami rambut rontok, uban, ketombe, dan sebagainya.

Daging
Daging adalah sumber utama keratin, yaitu protein yang berperan dalam menjaga tekstur rambut selalu halus, lembut, dan tebal. Kekurangan keratin bisa membuat rambut kusam, bercabang, dan juga kebotakan.

Teh hijau
Menurut penelitian Medical College of Georgia, teh hijau membantu mengatasi ketombe yang parah. Kandungan polifenol teh hijau menetralkan protein di tubuh yang mengontrol regenerasi sel kulit.

 Lemon
Menurut Jeannette Graf, M.D, penulis Stop Aging, Start Living Buah asam ini mengandung alkaline yang sangat tinggi sehingga mencegah pertumbuhan bakteri penyebab kerusakan gigi.

Permen karet tanpa gula
Mengunyah permen karet membantu produksi air ludah yang penting untuk melindungi email gigi dari serangan zat yang merusak gigi misalnya soda, kopi, dan sebagainya.



Nah, meskipun menjadi awet muda tapi sayang kalau tidak panjang umur, berikut ini beberapa list makanan pembuat panjang umur.

Beberapa makanan pembuat panjang Umur

Minyak Zaitun
Minyak zaitun sangat terkenal sekali di negara-negara barat dan negara-negara timur tengah. Minyak ini biasanya digunakan untuk salad maupun berbagai makanan lainnya. Minyak ini ternyata mempunyai minyak tak jenuh berantai tunggal yang bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dan kanker. Selain itu, minyak zaitun kaya akan folifenol, suatu anti oksidan kuat yang dapat mencegah penyakit dari penuaan.

Yogurt
Pada era 1970an, wilayah Georgia dikabarkan memiliki jumlah penduduk yang berusia rata-rata di atas 100 tahun yang lebih banyak ketimbang negara lain. Laporan pada saat itu mengklaim bahwa rahasia dari umur yang panjang tersebut adalah yogurt.

Meskipun kekuatan yogurt dalam memperpanjang usia belum pernah terbukti secara langsung, yogurt adalah makanan yang kaya kalsium yang dapat mencegah osteoporosis(nah osteoporosis adalah penyakit umum yang biasanya di derita oleh kaum manula, penyakit ini terjadi karena kurangnya kalsium pada tubuh). Selain itu, yogurt juga mengandung bakter baik yang mempertahankan kesehatan pencernaan serta mengurangi risiko mengidap penyakit usus yang berkaitan dengan usia.

Ikan
berdasarkan penelitian yang dilakukan beberapa dekade lalu,  para ahli meneliti mengapa penduduk asli Alaska (inuit) bisa terbebas dari penyakit jantung. Alasannya, menurut perkiraan para ahli, adalah tingkat konsumsi ikan yang luar biasa. Ikan memang mengandung banyak lemak omega-3, yang bisa membantu menurunkan kolesterol dan penyumbatan dalam pembuluh darah serta mencegah ritme jantung abnormal.

Cokelat kokoa
Masyarakat Kuna di Kepulauan San Blas, Panama, tercatat memiliki risiko penyakit jantung lebih rendah hingga sembilan kali lipat di banding penduduk lainnya yang tinggal di Panama. Alasannya? Warga Kuna rajin sekali meminum kokoa yang kaya flavanols, antioksidan yang dapat membantu memperlancar peredaran darah. Menjaga kesehatan pembuluh darah berarti menekan risiko tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, penyakit ginjal dan demensia. Di Indonesia sendiri sebenarnya cokelat kita sama kok, Cuma tinggal pengolahannya saja.

Kacang
Riset yang dilakukan kelompok Seventh-Day Adventists (aliran Kristiani yang menerapkan hidup sehat dan diet vegetarian) menunjukkan bahwa seseorang yang makan kacang rata-rata memiliki umur panjang dua setengah tahun. Kacang dikenal kaya akan lemak tidak jenuh, sehingga makanan ini menawarkan manfaat serupa dengan minyak zaitun. Kacang juga mengandung beragam vitamin, mineral dan zat phytochemical termasuk antioksidan.

Anggur

Minum alkohol dalam jumlah moderat diklaim dapat melindungi dari penyakit jantung, diabetes dan kepikunan. Banyak jenis minuman beralkohol yang bisa mendatangkan manfaat tersebut, tetapi banyak penelitian yang memfokuskanya pada anggur merah. Anggur merah mengandung resveratrol, zat yang diperkirakan mendatangkan berbagai manfaat tersebut.

Blueberry
Dalam sebuah riset yang dipublikasikan pada 1999, peneliti dari Jean Mayer Human Nutrition Research Center memberikan ekstrak blueberry pada tikus. Pemberian ekstrak ini diberikan selama periode kehidupan tikus yang setara dengan 10 tahun kehidupan manusia.

Tikus yang diberi ekstrak ini menunjukkan keunggulannya ketimbang tikus biasa saat uji keseimbangan dan koordinasi ketika mereka mencapai usia lanjut. Kandungan dalam blueberry (dan berry lainnya) diduga dapat mengurangi peradangan (inflamasi) dan kerusahan bersifat oksidatif, yang mana ini berhubungan dengan penurunan daya ingat dan kemampuan motorik saat lanjut usia.
Mengkonsumsi sayuran
Sayur-sayuran khususnya sayuran berwarna hijau terbukti dapat membuat kita kebal dan panjang umur. Hal ini berdasarkan fakta berupa sehat-sehatnya masyarakat indonesia di Zaman dahulu. Selain untuk serat, sayur juga memiliki banyak vitamin dan mineral. disamping itu, sayur juga mengandung antioksidan yang berguna melawan berbagai radikal bebas.

Nah, selain mencegah dan menunda melalui makanan, ada beberapa tips agar kita dapat menghindari penuaan dini. 

Berikut tips-tipsnya:

Hindarkan diri dari sinar ultraviolet dan polusi
Banyak cara untuk menghindari hal-hal tersebut diantaranya dengan memakai pelembab, pelembut, tabir surya dan banyak mengkonsumsi makanan yangkaya akan anti oksidan.

Pakailah tutup kepala dan baju lengan panjang
Hal ini digunakan jika hal diatas tidak memungkinkan untuk dilakukan. Sementara kit a berada dalam kondisi terkena sinar ultraviolet secara langsung.

Hindari diet tidak berimbang.

Jangan merokok
Rokok terbukti dapat membuat kulit kusam karena racun yang ditimbulkan oleh rokok itu sendiri.

Jangan menggunakan macam-macam kosmetik yang tidak terdaftar dalam dalam BPOM 

Hindari Stress
Stress yang berlebihan membuat kondisi kulit cepat kering dn kusam, juga akan semakin membuat kulit kita mengkerut, untuk itu banyak-banyak lah rileks, usahakan banyak tersenyum juga.

Banyak banyaklah mengkonsumsi air putih
Hal ini untuk membuat tubuh dan kulit kita tidak kekurangan air sehingga tidak membuatnya menjadi kering.


sumber : kompas.com
             vivanews.com
             tiyangkayunan.blogspot.com
             lain-lain.

1 komentar:

Posting Komentar