Sabtu, 13 November 2010

cara-cara memposting artikel

8 komentar
 mungkin salah judul harusnya cara2 membuat postingan di web atau blog..hehe

beberapa teman saya sering bingung jika mereka harus mengisi blog mereka. rata2 mereka banyak mengeluh soal inspirasi dan kata-kata yang tepat. blog atau web pasti pada intinya butuh suatu, beberapa atau berbagai content yang umumnya berisi gambar atau teks.saya takutnya nanti gini, nanti gitu, gmn nich???

ya, beberapa pertanyaan yang kerap menghantui para owner lapak di dunia maya adalah content. content memang menjadi syarat wajib suatu web atau blog itu ada.sebenarnya, ada beberapa cara atau gaya dalam memposting suatu berita/artikel tergantung minat orangnya.  nah gimana cara membuat postingan content pada blog??

1. COPAS
bagi anda yang sudah kehabisan informasi, sudah bosen nulis tapi pengen memposting content, ini adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan. copas atau copy paste adalah metode posting dengan cara menyalin artikel atau berita dari web/blog lain atau dari suatu media cetak tanpa merubah isi dan gaya penulisannya, tanpa menambahkan atau mengurangi berita itu sedikitpun. metode ini sering banget digunakan oleh mereka yang kesulitan mengarang tapi berkeinginan mengisi kontent. tapi pada metode copas ini, terdapat syarat wajibnya : menyertakan sumber, hal ini adalah etika dan sudah menjadi rahasia umum.

2. COPAS modification
ini adalah cara kedua. berupa memodifikasi COPAS. caranya adalah menambah gambar, mengurangi tulisan maupun menambah tulisan. tulisan bisa berupa komentar (ini dia yang biasa saya lakukan...hehe). mengenai ketentuan yang berlaku,copas modification ini harus menyantumkan sumber.

3. Mixing
 metode ini berupa mencampur beberapa artikel. biasanya sumber yang akan di campur sekurang-kurangnya adalah 2 sumber. artikel yang dicampur hendaknya berbeda dan saling melengkapi atau saling menentang. agar menjadi lebih sipp, biasanya publisher menambah beberapa komentar dan statement.sampai di tahap ini, sumber masih harus di ikutkan.

4. metode review
ini dia.. metode yang banyak di gunakan para blogger. metode ini berupa membaca beberapa artikel terkait yang berhubungan dengan blog yang akan dia publish. lalu setelah di baca dan di dalami, penulis akan menuliskannya dengan gaya penulisan dia dan dengan point2 yang dia inginkan.isinya pun akhirnya bisa saja berbeda ataupun sama. tergantung selera. pada metode ini, penulis dibiarkan menulis sumber maupun tidak. testimoni suatu produk, ebook,atau suatu buku biasanya masuk kedalam metode ini.

5. pengamatan/observasi
ini dia...metode yang sering dilakukan teman2 saya. pengamatan. hal ini berupa kondisi sekitar. apa yang kurang, apa yang menarik, dan apa yang dibutuhkan, serta apa yang terjadi. disini hal-hal tersebut di tulis sendiri. biasanya merupakan karangan murni, tapi ada juga yang kadang melihat beberapa sumber.hasil penelitian, hasil ujicoba, hasil percobaan masuk di kategori ini coy.

6. wawancara
merupakan hasil dari mewawancara dan meliput berita tentang peristiwa tertentu. ditulis dengan bahasa penulis sendiri. tulisan hasil wawancara murni karya sendiri.

7. Karangan
nah ini yang di sukai, karangan berupa hasil dari pikiran kita sendiri, 100% murni tanpa campuran berbagai sumber. biasanya hal ini terdapat pada sastra, politik, dan pendapat pribadi.

akhirnya, selamat berkarya..jangan pernah takut memposting..walau cuma COPAS....


artikel terkait :  menjadi penulis, tips menabung extreme,10 cara agar udara rumah bersih, cara menjaga hubungan romantis, 9 foto2 tergokil, penampilan baru optimus prime di transformer 3, mobil batman jadi transformer???

8 komentar:

Posting Komentar