Selasa, 26 Oktober 2010

Tips menabung 1

1 komentar
tips menabung karena dipaksa
ini adalah berdasarkan pengalaman pribadi saya selama saya ngekos. biasa, mahasiswa mesti uang nya pas-pasan buat kebutuhan sehari-hari seperti makan, nyuci, tugas dan lain-lain. trus kalau kita menginginkan sesuatu yang penting, berharga tetapi harganya mahal katakanlah di atas satu juta gimana?.



Mungkin pertanyaan diatas dapat djawab dengan berbagai cara, tapi saya akan mengulas versi mudahnya. menabung. ya, menabung merupakan suatu pola perencanaan keuangan yang patut diacungi jempol. gimana tidak, dari menabunglah orang yang bergaji pas-pasan akan dapat memiliki suatu barang yang mewah. dari menabung jugalah hasrat seseorang akan tercapai dan terpuaskan. lantas bagaimana cara kita menabung kalau gaji kita sedikit??
berikut ini saya akan membagi tips cara menabung karena terpaksa :
1. Pinjamkan pada teman
di awal gajian, umumnya kita akan menghabiskan uang gajian kita(walau tidak sampai 10 %) hanya untuk membeli barang2 yang kontemporer, jarang kita perlukan. oleh karena itu ini lah trik yang pertama. pinjamkan atau titipkan uang anda pada teman anda, saat menitipkan sebaiknya anda bilang akan mengambil 2 bulan lagi, dan minta supaya tidak dikasihkan walau kita meminta.
2. Belilah kebutuhan Pokok di awal
biasanya para pekerja yang ngekost maupun ngontrak, pola makannya sama saja, lebih suka beli di warung dan kalau ada perlu baru beli bahan pokok. lha di sini kebiasaan tersebut harus di ubah. ada baiknya anda berhemat dan membeli kebutuhan poko di awal, hal ini untuk mengurangi ketergantungan anda dan menghemat anda berbelanja. disamping itu hal ini efektif juga untuk menabung.
3. selalu sisihkan uang makan di pagi hari
umpamanya kita punya jatah makan 10.000 per hari dan biasanya lebih 2 ribu yang kelebihannya sering kita belikan snack dan lain-lain. maka di sini harus diubah. usahakan anda menyisihkan uang 2 ribu di pagi hari. sehingga pengeluaran yang tiada guna dapat teratasi.

selamat mencoba....!!!

1 komentar:

Posting Komentar