Jumat, 08 Oktober 2010

10 Cara agar udara rumah bersih

0 komentar

1.       Niat  untuk sehat
Saat ini kesehatan tidak dapat dipisahkan dari udara yang kita hirup sehari-hari.  Baik saat sakit maupun sehat, udara sangat kita perlukan untuk kelangsungan hidup kita. Dari ini muncul suatu usaha yan didasari keinginan atau niatan untuk hidup sehat yang salah satunya dengan menghirup udara bersih.


2.       Hindari pengunaan pemanas suhu berupa pembakaran
Mungkin hal ini tidak terdapat di Indonesia dimana penghangat ruangan tidak begitu diperlukan. Tapi bagi negara dengan empat musim, pemanas sangat diperlukan saat musim dingin. Penghangat ruangan yang berupa Penghangat dengan pembakaran kayu haruslah di hindari. Selain menghasilkan jelaga yang banyak, pembakaran ini juga menghasilkan atau menyumbang karbon yang tidak sedikit yang tentunya akan menurunkan kualitas udara bersih di sekitar anda. Memang, pemanas dengan  pembakaran mempunyai kesan yang romantis, kesan klasik, dan eksklusif. Tapi untuk kesehatan mengapa tidak dihindari? Toh masih ada pemanas selain pembakaran kayu.




3.       Hindarkan perokok dari rumah anda
Merokok merupakan kebiasaan buruk yang memang harus di hindarkan. Di Ameriak serikat, hampir 85% penyakit yang berkenaan dengan pernafasan seperti brongkitis dan penyakit paru-paru disebabkan oleh rokok. Lebih baik berhenti meskipun sulit daripada menderita pada akhirnya.












4.       Jagalah dari debu dan tuggau
Tungau adalah hewan mikroskopis yang biasanya terdapat di tempat berdebu dan merupakan salah satu pemicu terjadinya asma dan penyakit pernapasan lainnya. Seperti manusia, tunggau suka sekali hidup di bantal dan kasur yang berdebu. Untuk menghindarinya,   bersihkan kamar tidur tiap pagi dan menjelang tidur, pakailah sarung bantal dan lengkapi kamar tidur anda dari sprei, lebih baik jika anda menggunakan bantal dan kasur yang terbuat dari busa daripada yang berasal dari kapuk maupun bulu.








5.       Hindari bahan Kimia
Mungkin hal ini merupakan sesuatu yang sulit karena kita perlu mengunakan pembersih maupun penyegar untuk membersihkan debu dan hewan peliharaan. Tapi, bau yang terlalu kuat dari zat-zat tersebut dapat menganggu pernafasan.
Cobalah untuk mengunakan cuka atau sabun tak yang baunya ringan dengan air, pokoknya yang penting tidak terdapat bau tajam. Juga hindari pengunaan hair spray, pengharum ruangan,dan parfume. Sebaiknya jaga kebersihan dan cegah terjadinya bau busuk.









6.       Kontrollah bulu peliharaan
Dander atau dalam pengertian indonesia sering disebut dengan bulu atau sesuatu dari hewan yang memicu alergi pada manusia. Memang bulu tidak ikut terbawa saat kita bernafas (tidak dapat tercampur atau membaur dengan udara), tapi ada beberapa orang yang masih alaergi pada bulu.
Jika anda memiliki hewan peliharaan, maka sebaiknya anda menjaga kesehatan diri berupa mencuci tangan dengan sabun setelah berinteraksi / kontak langsung dengan hewan dan jauhkan hewan peliharaan dari kamar tidur.

















7.       Gunakan penyaring udara
Tidak menutup kemungkinan udara yang kita hirup kotor meskipun kita hidup di alam yang masih asri. Oleh karena itu, gunakan alat penyaring udara pada ventilasi rumah anda. Meskipun kadang mengunakan AC menyenangkan, tapi alangkah baiknya mengunakan penyaring udara.












8.       Tutuplah jendela
Sinar ozon, debu dan juga berbagai bentuk lainnya yang terkandung dalam udara dapat menganggu pernafasan dan merusak kesehatan anda. Untuk itu menutup jendela wajib jika anda hidup di kota besar yang kadar poluttannya tinggi, berada di daerah yang sering terjadi  badai angin, atau saat musim – musim tertentu saat intensitas angin tinggi.
Tetapi, untuk daerah pedesaan akan lebih baik jika membuka jendela di pagi hari saat subuh karena udara saat itu bersih dan menyehatkan.


9.       Berlatih  dan jangan terlalu keras
Untuk anda yang memiliki penyakit pernapasan, maka akan  lebih baik jika anda sering berlatih pernafasan dan olahraga. Tapi, jangan dilakukan terlalu keras dan ngoyo (over lah), jangan bekerja terlalu keras. Sebab hal tersebut akan memperburuk kondisi anda.











10.   Lawanlah jamur dan Lumut

Sistem ventilasi yang baik di kamar tidur dan kamar mandi akan mengurangi bahkan memberantas jamur dan lumut yang merupakan salah satu pemicu berbagai penyakit pada pernafasan. Seperti yang kita ketahui, jamur dan lumut menyukai kelembaban. Untuk itu aturlah agar kelembaban di bawah level yang kuran gmenyenangkan, yaitu sekitar 40 %. Jangan pakai alat yang membuat udara menjadi lembab seperti AC, sebaliknya gunakan alat pengering udara.

0 komentar:

Posting Komentar