Rabu, 27 Oktober 2010

menjadi penulis

4 komentar

penulis adalah suatu profesi yang kerjanya satu, menulis. menulis disini dapat dikategorikan bermacam-macam, entah itu menulis suatu sastra, artikel ilmiah maupun testimoni ataupun pendapat tentang suatu hal. menulis identik dengan membaca, umumnya seseorang yang dapat menulis karena banyaknya literatur yang dia baca lalu mencoba dirangkaikannya secara tertuang lewat tulisan. 

Jenis-jenis penulis
banyak sekali orang menulis karena keinginannya maupun atas apa yang dilihatnya di masyarakat. biasanya penulis terbagi atas beberapa hingga belasan jenis tergantung dari tulisannya dan sudut pandang yang diambil. jenis-jenis penulis berupa, 
1. sastrawan
sastrawan adalah penulis dengan sub bab atau bidang tulisannya berupa sastra. dari konteks sastra pun, penulis masih terbagi bagi lagi menjadi penulis novel maupun puisi. umumnya penulis sastra adalah karena hobby dan keinginan yang kuat.
2. Pengamat
biasanya pengamat lebih banyak berbicara dalam menyampaikan pendapatnya tentang suatu bidang yang dia amati.tapi, tidak jarang mereka juga menuangkannya lewat tulisan. disini, pengamat harus bersikap objektif terhadap hasil pengamatannya. hal yang diamati dapat berupa bidang apa pun, tergantung minatnya mereka.tulisan bisa berupa karya ilmiah, kesimpulan, atau gabungan dari suatu sub bab.
3. testimoni/pengalaman
penulis jenis ini tulisannya berupa diary, hal-hal yang lucu,  testimoni akan suatu produk hingga pendapt dia tentang suatu keadaan(biasanya lebih mengarah ke politik). berbeda dengan profesi pengamat, jenis ini bersikap sebaliknya. penulis jenis ini bersikap subjektif, dan biasanya tujuannya adalah untuk mempengaruhi orang lain.

Tujuan menulis
orang menulis pasti punya tujuan yang hendak dicapai dengan tulisannya. tujuan tiap orang dalam menulis tidaklah sama, berbeda-beda tergantung individu masing-masing.hal di bawah ini adalah beberapa tujuan umum seseorang menulis.
1. Uang
ini mungkin tujuan utama seseorang menulis, uang. tak dapat dipungkiri, banyak dan hampir sebagian besar orang menulis karena uang. memang menulis tanpa ada modal penyokong seperti uang artinya mustahil dan g mungkin tercapai. karena uang lah seorang penulis akan berusaha memperbaiki tulisannya guna mendapatkan uang lebih banyak.
2. Hobby/minat
tak dapat dipungkiri, orang mau menulis karena hobby menulis semata. dia mungkin tidak mengharapkan upah maupun penghargaan, tapi lebih ke konteks kesenangan. tipe seperti ini banyak dan biasanya tulisannya pun berkualitas. salut dech untuk yang punya tujuan seperti ini.
3. berbagi
tipe seperti inilah penyumbang tulisan berkualitas. biasanya mereka hanya ingin berbagi semata dan tidak menutup kemungkinan mencari sambilan berupa uang dan penghargaan.
4. propaganda
wah ini nie, tipe-tipe yang sangat marak belakangan ini. mempengaruhi dapat berupa testimoni, ajakan, anjuran maupun yang mengarah ke hal-hal yang sara. tipe tujuan ini yang membuat dunia maya menjadi heboh, ramai dan menarik.

akhirnya, apapun tujuan dan hal yang ditulis oleh seorang penulis sepanjang hal tersebut membangun dan positif.... lanjutkan... jadikan indonesia lebih baik dengan menulis....ingat tulisan adalah salah satu bentuk senjata yang ampuh.


poison_for_drug
matilah pemalas, hiduplah orang yang beristiqomah


4 komentar:

Posting Komentar