Minggu, 13 November 2011

10 negara bagian US dengan rangking merokok tertinggi (part 1)

0 komentar
Part 1

   Merokok merupakan salah satu kegiatan yang dapat membuat pelakunya kecanduan. Hampir di semua negara, terdapat ribbuan bahkan jutaan perokok aktif yang setia mengkonsumsi rokok. Tak hanya di negara berkembang.  Di negara maju pun, peminat rokok mencapai jumlah yang besar. Berikut adalah daftar 10 negara bagian di Amerika serikat dengan tingkat kecanduan rokok terbanyak.


Arkansas

   Arkansas adalah salah satu negara bagian Amerika serikat yang terdapa di bagian selatan dengan jumlah penduduk sebesar 2.673.400 jiwa dan memiliki luas wilayah 137.002 km² pada tahun 2000.
Di negara bagian ini, 23 % penduduk dewasa nya merupakan perokok aktif. Dan menurut survey pemerintah, kurang dari 3 % perokok yang berhenti selama kurun waktu 12 terakhir.










Indiana

   Indiana merupakan salah satu negara bagian Amerika Serikat yang berarti “Negeri Bangsa Indian”. Merupakan sebuah negara bagian yang terletak di Danau Besar di Barat Tengah Amerika Serikat.
Sangking parahnya jumlah orang yang merokok, sampai ada ungkapan “ jka anda ingin terkena kanker gara-gara asap rokok ketika  makan, minum, dan bekerja. Maka Indiana merupakan tempat yang cocok untuk anda. ”

   Indiana merupakan salah satu dari 3 negara bagian terlunak dalam mengatur tentang larangan merokok di area publik. Di sana tidak ada aturan/ larangan untuk tidak merokok dalam bar, restoran, tempat kerja mmilik swasta, maupun tempat-tempat rekreasi. Indiana mendapat nilai “F”  oleh ALA ( American Lung Association) dalam kategori udara bebas rokok.


Kentucky


   Negara bagian Ini sangat terkenal dengan banyaknya padang rumput dan kuda-kuda thoroughbrednya. Tapi selain terkenal akan rumputnya, negara bagian ini juga terkenal dengan industri tembakaunya yang menempati urutan tinggi di US, sehingga Industri tembakau merupakan salah satu Industri penting di Kentucky.

   Biasanya, orang akan jarang merokok bila hidup di area dimana tembakau atau pabrik rokok berada. Tapi di Kentucky hal tersebut sangat berbeda.dengan dalih membantu meningkatkan perekonomian lokal,  Kentuckians (warga Kentucky) gemar mengkonsumsi rokok. Sangking gemarnya, Perokok Dewasanya menempati urutan tertinggi ke 2 di US, jumlah Perokok remaja tertinggi se US dan menepati urutan pertama dengan resiko kematian terkait rokok.


Louisiana

   Minuman beralkhohol dan rokok memang berhubungan erat. Bagi sebuah negara dengan kecintaan terhadap pesta dan minuman kerasnya, tidak mengherankan bahwa lebih dari 1 diantara 5 orang penduduk dewasa Louisiana adalah Perokok.

   Tapi belakangan ini, kebiasaan merokok warga menjadi lebih terkekang sejak adanya larangan berupa tidak boleh merokok di restoran, tempat umum, dan tempat kerja.





Mississippi

   Adalah salah satu negara bagian Amerika Serikat yang terletak di sebelah selatan. Negara bagian ini merupakan salah satu dari 3 negara bagian dinama tidak adanya pembatasan atau pelarangan untuk
Tidak merokok di sekeliling anak – anak. Ironisnya, Ketika negara bagian ini menerapkan aturan untuk tidak merokok di beberapa tempat, pemerintah mendapat banyak kecaman dari warga sendiri.

Selanjutnya : Part 2









Sumber : health.com

0 komentar:

Posting Komentar