Jumat, 11 November 2011

Kebiasaan Yang Menurunkan Kinerja Otak

1 komentar
   Otak, merupakan organ terpenting bagi kita. otak mengatur hampir seluruh kegiatan yang dilakukan oleh organ-organ lain. seringkali kita berfikir bahwa, mengapa lelet atau lama dalam memikirkan atau menyelesaikan suatu permasalahan? padahal dahulu tidak begitu?. nah hal ini merupakan menurunnya performa otak atau otak menjadi tumpul ketimbang dimasa lalu? kok bisa ya?. bisa saja hal ini terjadi oleh beberapa sebab. 
   
   penyebab tumpulnya Otak bermacm-macam, mulai kurangnya asupan gizi, karena makanan berpengawet dan lain-lain. sekarang kita akan membahas bagaimana dan apa penyebab tumpulnya otak dari segi kebiasaan/rutinitas. kebiasaan atau rutinitas sehari-hari merupakan perilaku yang membentuk kita. tentunya kalau kebiasaan tersebut baik ya tidak mengapa. tapi kalau buruk, tinggalkan saja. berikut adalah beberapa kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan turunnya performa otak.

   1. Tidak mau sarapan
  Tren yang berkembang saat ini salah satunya adalah banyaknya orang yang menyepelekan sarapan. Padahal tidak mengkonsumsi apapun di pagi hari dapat menyebabkan turunnya kadar gula dalam darah. Hal ini menakibatkan pada kurangnya masukan nutrisi pada otak yang akhirnya berakhir pada kemunduran otak. Untuk itu, mulailah pagi hari anda, dengan mengkonsumsi makanan yang tersedia, walau karbohidrat pun tidak masalah yang penting sarapan.

   2. Makan berlebihan
   Hal ini merupakan kebalikan dari kebiasaan tidak mau sarapan, terlalu banyak makan dapat mengeraskan pembuluh otak yang biasanya menuntun orang pada menurunnya kekuatan mental. Jadi makanlah dalam porsi yang normal. Biasakan menahan diri dengan cara berhenti makan sebelum anda kekenyangan. hal ini juga sesuai dengan ajaran RasulAllah, Muhammad SAW. 

   3. Merokok
   Jika rokok memiliki segudang efek buruk, semua orang pasti sudah tahu. Dan ada satu lagi efek buruk rokok yang terungkap di sini. Merokok ternyata berakibat sangat mengerikan pada otak! Bayangkan, otak manusia lama kelamaan bisa menyusut dan akhirnya kehilangan fungsi-fungsinya karena rajin menghisap benda berasap itu. Tak ayal di waktu tua bahkan pada saat masih muda sekalipun, kita rawan alzheimer (alzheimer adalah penyakit pikun). Itulah mengapa bangsa Yahudi yang menjauhi rokok, bahkan dapat mengusir orang yang merokok di rumahnya menjadi bangsa yang pintar dan cerdas.

   4. Terlalu banyak mengkonsumsi zat gula
   Terlalu banyak asupan kadar gula akan menghalangi penyerapan protein dan gizi sehingga tubuh kekurangan nutrisi dan perkembangan otak terganggu. biasakan mengkonsumsi zat gula secukupnya saja.

   5. Polusi udara
   Dibandingkan dengan bagian tubuh lain, Otak adalah bagian tubuh yang paling banyak menyerap udara. Terlalu lama berada di lingkungan dengan udara berpolusi dapat membuat kerja otak tidak efisien.

   6. Kurang tidur
   Tidur memberikan kesempatan otak untuk beristirahat. Sering melalaikan tidur membuat sel-sel otak menjadi mati kelelahan. Tapi jangan juga kebanyakan tidur karena bisa membuat anda menjadi pemalas yang lamban. Sebaiknya tidur 6-8 jam sehari agar sehat dan bugar. usahakan tidur atau istirahat sebentar disiang hari.

   7. Menutup kepala ketika sedang tidur
   Tidur dengan kepala yang ditutupi merupakan kebiasaan buruk yang sangat berbahaya karena karbondioksida yang diproduksi selama tidur terkonsentrasi sehingga otak tercemar. Jangan heran kalau lama kelamaan otak menjadi rusak.

   8. Berpikir terlalu keras ketika sedang sakit
   Bekerja keras atau belajar ketika kondisi tubuh sedang tidak fit juga memperparah ketidakefektifan otak. Sudah tahu sedang tidak sehat, sebaiknya istirahat total dan jangan forsir otak anda.

   9. Kurangnya stimulasi otak
   Berpikir adalah cara terbaik untuk melatih kerja otak. Kurang berpikir akan membuat otak menyusut dan akhirnya tidak berfungsi maksimal. Rajin membaca, mendengar musik dan bermain (catur, scrabble, dll) membuat otak anda terbiasa berpikir aktif dan kreatif.

   10. Jarang bicara
   Diam adalah emas. mungkin adakalanya pribahasa tersebut salah. Percakapan intelektual biasanya membawa efek bagus pada kerja otak. Jadi jangan terlalu bangga menjadi pendiam. Obrolan yang bermutu sangat baik untuk kesehatan anda.

   11. Terlalu banyak menonton Televisi

   12. Onani
   melakukannya terlalu sering, para ilmuwan menganjurkan ,bagi anda para remaja untuk tidak terlalu sering ONANI, Ilmuwan menganjurakn ONANI seminggu hanya 3 x saja.

   13. Minum-minuman beralkohol
   Bahayanya karena dapat merusak hati untuk menawarkan racun. sehingga darah beracun sampai ke otak

   14. Bergadang
   Hal ini hampir sama dengan kurang tidur, dapat menyebabkan sel-sel otak mati.

   15. Terlalu Lama Menggunakan HP
   Ini bsa d akibatkan oleh gelombang elektromagnetik yg d timbulkan oleh HP,bsa berakibat ke perkembangan OTAK.

   Nah, gimana? ayo ubah beberapa kebiasaan buruk kita. dimulai dari yang paling gampang. contohnya, mengubah kebiasaan sarapan. usahakan sarapan walau hanya dengan satu gelas susu atau 2 potong roti. juga sering-sering lah bertukar pendapat dengan orang lain. hal ini dapat anda praktekkan dengan mudah.

1 komentar:

Posting Komentar