Selasa, 14 Desember 2010

cara meningkatkan energi

2 komentar

7 langkah menaikan energimu
Setiap orang mempunyai keinginan selalu energik dalam harinya. Mereka selalu ingin aktif, ingin menyelesaikan segala tugas dan tanggung jawabnya secara sempurna. Umumnya masalah muncul ketika ketidak imbangan aktifitas dengan istirahat yang cukup yang akan menyebabkan stamina drop.atau ketidak imbangan karena lebih banyak energi yang kita dapatkan. Atau juga masalah tidak bisanya seseorang untuk tidur. Untuk itu, lakukanlah langkah-langkah berikut.

Tetapkan jadwal tidur rutinmu
Tidur, merupakan istirahat terefektif untuk membantu kita agar tetap fresh. Tidur yang baik itu memerlukan waktu 6-7 jam perhari, tidak kurang tidak lebih. Jika suatu hari, kita bergadang, misalnya malam sabtu atau minggu. Cobalah tidur di malam senin lebih awal. Hal ini untuk mengejar waktu tidur kita yang terbuang.

Hindari Makan gula dan cafein
Makan beberapa protein dan makanan yang mengandung sedikit lemak di pagi hari. Otak kita butuh protein dan tubuh tidak menyediakannya. Anda tidak perlu makan terlalu banyak.cukup  susu low fat, sepotong keju, atau segenggam kacang-kacangan akan memberi banyak karbohidrat.

ambillah waktu 5-10 menit untuk tidur sebentar di sela jam makan siang.
Hal ini mudah sekali dilakukan. Walaupun Cuma menutup mata dan membiarkan pikiranmu tidak memikirkan apa-apa, akan membuatmu segar sepanjang sore. Hal ini juga akan membuat kita dapat berkonsentrasi tinggi, membuat kita dapat fokus membaca dan menganalisis.jadi lakukanlah

Minum banyak air
Tips yang keempat adalah minumlah banayak air dan cairan. Lebih baik meminum air dan jus saat tubuh kita dehidrasi dari pada memiih minum kopi, teh dan soda yang dilengkapi dengan cafein. Usahakan bawalah air kemana saja anda pergi. Entah itu dalam kerja, dalam perjalanan atau pun rapat. Hal ini akan membuat anda kuat menghadapi hari.

Olahraga Teratur
Mudah mengatakan hal ini. Tapi mustahil melakukannya di saat kita memiliki jadwal yang super sibuk. Kondisi yang buruk sering terjadi bila kita jarang olahraga. Karena, melalui olahraga daya tahan tubuh dan stamina kita akan meningkat. Oleh karena itu, lakukan olahraga secara teratur. Jika anda sedang sibuk, usahakan olahraga jalan kaki. Atau kalau punya waktu libur, lakukanlah olahraga meskipun Cuma 2 kali seminggu.

Bergurau menghindarkan Dokter
Tertawa ternyata memiliki manfaat yang efektif bagi tubuh. Tubuh kita akan merespon baik jika kita dalam kondisi bahagia. Untuk itu, cobalah menonton film komedi, atau bersenda gurau dengan teman dekat.

Jauhi pertikaian dan perselisihan dengan orang jahat
Hal ini hanya akan menurunkan mood kita dan menurunkannya. Pengosip, tukang omel akan membuat kita tidak gembira, sehingga sepanjang hari kita akan terus memikirkan mereka, terus mendendam dan tentunya hal tersebut menghabiskan energi. Cobalah sabar dan jangan di tanggapi, biarkan saja.
Konsumsi suplemen secara rutin
Hal ini perlu dilakukan mengingat makanan kita biasanya tidak cukup memenuhi 4 sehat 5 sempurna.jika anda sudah memenuhi, tidak apa2 jika tidak mengkonsumsi suplemen.

2 komentar:

Posting Komentar