Senin, 13 Desember 2010

10 cara mudah merusak tubuh

0 komentar

Tidur kurang dari 6 jam
Tidur kurang dari 6-7 jam di malam hari terbukti meningkatkan dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari obesitas(kegemukan), ketidak imbangan metabolisme, diabetes dan kanker.disamping itu, kurang tidur juga dapat menyebabkan kelelahan mental, seperti merasa malas bahkan tak ada niat sama sekali. Terkadang pula orang jarang tidur sering marah-marah(tempramental). Nah gangguan kelelahan mental/pikiran ini meningkatkan resiko orang kecelakaan dalam berkendaran seperti ketika orang minum alkhohol. Berita menyedihkannya, hal ini merusak tubuh secara perlahan-lahan, jadi biasakanlah tidur cukup.

Menolak ke dokter
Banyak orang sering sekali menolak bila disuruh kedokter. Alasannya macam-macam: seperti tidak adanya biaya, penyakit nya biasa saja dan malas. Tapi, pergi ke dokter merupakan cara yang efektif mencegah penyakit meluas dan kian buruk. Pergi dan berkonsultasi ke dokter perlu bagi orang yang mulai sakit(baru beberapa jam/hari mengalami sakit).

Kemunduran Otak
Kebanyakan orang yang memilik usia panjang akan mudah menderita kepikunan. Nahsalah satu cara ampuh adalah mengkonsumsi makanan pencegah kepikunan dan rajin membaca serta melakukan permainan yang membuat otak berfikir, seperti catur dan sudoku. Hal ini sangat efektif sekali guna mencegah penurunan atau kemunduran otak.

Terlalu banyak bercinta
Bercinta atau berhubungan seksual dengan lawan jenis memang kebutuhan dan sangat meyenangkan. Tetapi terlalu banyak bercinta dapat menyebabkan sesorang menjadi tidak subur/mandul. Terlalu banyak bercinta juga dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan penurunan ingatan. Disamping itu, kita juga harus hati-hati dalam berhubungan sexsual. Jangan melakukannya  dengan orang yang tidak jelas identitasnya, hendaknya dilakukan dengan suami/istri saja.

Mengemudi terlalu sering
Mengemudi memang biasa, tapi akan berbahaya jika seseorang senang sekali mengemudi dan melakukannya dengan kencang. Sebuah study mengatakan, banyak sekali orang dibawah umur 35 tahun tewas gara—gara mengemudi. Maka dari itu, mengemudi boleh, tapi safety first...

Terlalu banyak minum
Alkohol, minuman keras yang sangat bebrbahaya bagi tubuh. Apalagi ika meminum minuman keras dalam jumlah yang banyak. Hal ini dapat menyebabkan diabetes, penurunan daya pikir dan minuman keras termasuk salah satu penyumbang kematian terbesar setiap tahun.

Stress
Terlalu banyak membiarkan pikiran2 buruk menghinggap di tubuh kita dan menjadi stres adalah jalan termudah untuk mencapai kematian. Karena saat kita stres, maka sistem imunitas kita akan terganggu dan menurun.stres juga menyebabkan tak normal nya suatu atau beberapa hormon dalam bekerja. Jadi hindarilah stres, berpikirlah positif akan segala sesuatu, dan sikapi semua  secara santai.

Menonton TV
Menonton televisi memang kegiatan yang menyenangkan. Tapi perlu diwaspadai, jika kita menonton secara buruk, hal ini dapat berakibat kematian. Rata-rata kelakuan buruk dalam menonton televisi adalah menonton berjam-jam sambil bermalas malasan, lalu menonton sambil makan camilan yang  enak yang rata-rata mengandung protein trash. Kalau hal ini dibiarkan, maka akan membuat penonton lebih cepat matinya. Maka dari itu, jadilah penonton yang cerdas, yang melakukan gerakan refresing tiap 30 menit sekali, yang menonton tanpa ngemil.

Merokok
Rokok mengandung ribuan racun yang sayangnya disukai oleh kebanyakan manusia, terutama laki-laki. Merokok dapat menyebabkan puluhan dampak buruk dan komplikasi. Dapat menyebabkan serangan jantung, kanker, paru-paru dan ganguan kehamilan dan janin(itu yang tertera). Di Amerika, rokok atau tembakau adalah pembunuh nomor 2 terbesar tiap tahunnya. Maka dari itu, hindarilah rokok. Jika anda memang perokok, pilihlah yang kadar racunnya sedikit.

Memakan makanan sampah
Makanan sampah meman bukan makanan yang berada di sampah. Makanan sampah biasanya makanan cepat saji yang enak dan mengandung zat-zat trangenik, mengandung banyak  keburukan dari pada manfaat. Makanan ini seperti hamburger, pizza, dll. Makanan ini kini menjamur bak kacang goreng. Langkah yang tepat untuk menghindarinya adalah mengurangi porsi makan kita dalam hal ini.

0 komentar:

Posting Komentar