Kamis, 18 November 2010

manfaat bekicot

2 komentar

Bekicot, umumnya merupakan hewan tropis yang marak bermunculan saat musim hujan tiba. Karena saat musim hujan merupakan musimnya bekicot untuk kawin. Meskipun banyak bermunculan di seluruh Indonesia, baik dari kota sampai desa, dari sumatera sampai papua, tapi bekicot bukanlah hewan asli dari Indonesia. Bekicot mulai bermunculan di Indonesia sejak awal penjajahan Belanda. Saat itu, bekicot dibawa guna 
dijadikan sebagai sumber makanan, dan semakin lama jumlahnyak semakin banyak. Sejak saat itu sampai beberapa tahun ini, karena jumlahnya yang semakin banyak dan meledak, bekicot malah sering menjadi hama perusak karena bekicot ini doyan banget memakan daun-daunan, khususnya daun-daun tumbuhan pangan dan sayur-mayur. Maka tak heran bekicot banyak diburu untuk di bakar. Tapi trend tersebut beberapa tahun belakangan ini berkurang. Kini bekicot mulai diburu bahkan diternakkan sebagai makanan ternak.  tidak hanya itu, kini bekicot banyak dimakan karena mempunyai kandungan protein yang tinggi dan mempunyai berbagai khasiat yang banyak.

Menyinggung soal manfaat, bekicot memiliki berbagai manfaat mulai dari daging, cangkang, sampai lendirnya. Mari kita bahas satu persatu.

Daging

 Dari dagingnya, daging bekicot merupakan sumber protein yang tinggi. tidak hanya itu, daging bekicot juga memiliki kandungan kalsium dan asam amino essensial yang tinggi, bahkan jika dibandingkan dengan  telur ayam, asam amino pada daging bekicot lebih tinggi. Di perancis, daging bekicot merupakan bahan makanan yang bernilai mahal. Karena disana, masakan daging bekicot merupakan masakan yang terkenal akan citarasa dan kandungan gizinya.

Cangkang
 Cangkang bekicot, memiliki kandungan kalsium dan  fosfor yang tinggi. Karena itu, kini sedang marak dikembangkan dan diteliti tentang tepung cangkang bekicot. Tepung daging bekicot merupakan isu makanan tambahan pada ternak, karena kandungan kalsium dan fosfornya. Hal ini sangat logis, karena kalsium dan fosfor dapat membantu memperkuat cangkang pada telur hewan ternak, juga menambah jumlah telur pada hewan ternak.

Lendir bekicot

Ich...lendir merupakan momok yang menjijikan bagi kita. Tapi mungkin anda harus akrab dengan lendir bekicot Karena berbagai manfaat yang dikandungnya yang baik untuk kesehatan.pada lendir bekicot bagian belakang(bagian cangkang yang lancip). Terkandung berbagai manfaat yang potensial. Berikut beberapa manfaatnya:

1.       1.Menyembuhkan luka luar
Sering kali, kadang kita terjatuh, kita terkena duri yang tajam, yang tentunya menimbulkan luka luar. Nah jika anda ingin pengobatan alternatif, cobalah lendir bekicot. Karena lendir bekicot ternyata memiliki daya penyembuhan yang lebih cepat dari pada obat merah yang biasa digunakan. Hal ini dibuktikan oleh peneliti IPB, pada percobaannya, media uji cobanya merupakan tikus yang memiliki kesamaan gen dengan manusia. Pada percobaannya tersebut, tikus disayat/dilukai sedalam setengah sampai  1 cm sebanyak 2 luka. Pada luka pertama, luka diolesi dengan obat merah. Sedangkan pada luka kedua, diolesi lendir bekicot. Ternyata setelah pengamatan  beberapa hari, luka yang diolesi lendir bekicot lebih cepat sembuh ketimbang yang diolesi obat merah.
2.       2. Dapat menyembuhkan sakit gigi
Lendir bekicot dapat meredakan rasa nyeri pada saat sakit gigi. Karena pada lendir bekicot terdapat zat analgesik, yaitu suatu zat penghilang rasa nyeri. Selain itu, lendir bekicot juga memiliki suatu enzim yang dapat menyembuhkan sakit.
3.Untuk keperkasaan
Kaum laki-laki umumnya suka mengkonsumsi makanan atau hal-hal yang dapat meningkatan vitalitas. Untuk itu, anda harus coba yang satu ini, lendir bekicot. Kini, banyak orang, utamanya para sopir kendaraan yang mencoba cara ini dan katanya cukup ampuh untuk mengatasi kelelahan.

2 komentar:

Poskan Komentar