Rabu, 17 November 2010

inspirasi

2 komentar
Adalah sesuatu yang mengilhami, sesuatu yang biasanya orisinil dan inovatif, sesuatu yang menjadi sebuah titik tolak,titik awal  sebuah karya/sebuah kesuksesan terjadi. Pada dasarnya inspirasi dan ide itu sama. Dan inspirasi ini kadang kita mendapatkannya secara tidak sengaja (terjadi sendiri). Jika inspirasi tersebut datang kepada anda, maka hal ini seakan seperti sebuah kesempatan emas, dimana kalau dilewatkan belum tentu muncul kembali.
Seberapa pentingkah inspirasi? Inspirasi itu sangat penting bagi manusia dan dunia. Karena melaluinyalah sbuah karya besar dihasilkan. Melaluinya lah sebuah perbaikan, sebuah peningkatan menjadi lebih baik terjadi. Inspirasi juga, yang membuat hampir beberapa orang sukses, membuat beberapa orang menjadi lebih baik(yang dalam hal ini berkenaan dengan motivasi).

Inspirasi, munculnya tiba-tiba. Maka yang harus kita lakukan bila inspirasi tersebut datang adalah mendapatkannya. Gimana cara mendapatkan kalau bendanya/wujudnya abstrak? Mendapatkan disini adalah menangkapnya, menangkap dalam arti tidak melewatkan dia lewat dan berakhir begitu saya. Hal yang perlu anda lakukan mungkin mencatatnya, menyimpannya lalu dikaji secara mendalam.Sehingga, mencatat sebuah ide/inspirasi penting anda lakukan, seperti membawa media pencatat (HP, notebook, atau kertas-kertas kecil), karena tak jarang inspirasi/ide bisa muncul dimana saja dan kapan saja, entah itu di toilet (yang notabenenya bau) atau pun saat sedang sholat (wah ini g konsentrasi nich).

Lalu apa yang harus kita lakukan saat kita dapat inspirasi?? Hal ini merupakan penentu seseorang untuk berubah, berkarya dan menghasilkan. Kadang banyak orang yang ketika mendapatkan inspirasi dibiarkan begitu saja, Tidak di apa-apakan. Padahal kan hal tersebut bisa jadi akan berguna bagi dia di kemudian hari, siapa tahu?. Nah inspirasi itu lebih baiknya di kaji ulang, dipahami dan dikembangkan menjadi sesuatu yang lebih terarah tujuannya, sesuatu yang akan berkembang di kemudian hari. Jikalau tidak bertepatan dengan waktu(terganjal situasi kondisi serta realita lapangan) maka sebaiknya di simpan dalam sebuah catatan, sehingga jika dikemudian hari diperlukan dapat dibuka dan diterapkan. Dan untuk jaga-jaga sebaiknya anda mempelajari lebih lanjut hal-hal yang berkaitan dengan ide tersebut, sehingga saat anda mulai menerapakannya anda akan merasa telah mengetahui ide tersebut harus gimana.

Ide/inspirasi dapat diterapkan atau dijalankan dalam hal yang nyata saat situasi-kondisi telah mendukung. Mendukung disini adalah telah menjadi trigger/pendorong ide tersebut untuk diterapkan. Kadang pula kapan ide tersebut diterapkan atau dibuat menjadi nyata tergantung pula pada individu itu sendiri. Jadi apalagi yang anda tunggu, ayo kita mencari inspirasi/ide.


Artikel terkait : ide 

2 komentar:

Posting Komentar