Senin, 29 November 2010

alasan emas jadi mata uang

0 komentar
4 alasan mengapa emas menjadi logam terbaik sebagai uang

 Emas, siapa sich yang g kenal. Logam berharga yang nilai pergramnya melebihi 250.000 (tahun 2008). Wah kebayang juga ingin punya harta berupa emas yang banyak. Tapi tau g mengapa emas jadi nilai uang, maksudnya menjadi unsur terbaik bagi uang. Mengapa tidak tembaga, platinum atau argon? Nah berikut beberapa sebab menurut para ahli mengapa emas jadi standard mata uang  berdasarkan sifat unsur. Ternyata ada 4 kriteria suatu unsur untuk menjadi premium standard bagi mata uang. 


Tidak boleh berupa gas

Hal ini karena gas terlalu simpel dan tidak dapat digunakan sebagai alat penukar uang dikarenakan sifatnya. Walaupun termasuk unsur golongan mulia atau tidak, bila bentuknya berupa gas maka tidak lolos kualifikasi.


Tidak boleh bersifa reaktif dan korosif

Lithium murni jika terkena air atau udara maka akan meledak. Begitu juga besi akan berkarat. Pada tahap kualifikasi ini masih menyisakan 38 unsur kandidat mata uang. Terbayang kan, uang kita bukannya bertambah malah berkurang bahkan hilang dengan sendirinya, bahkan bisa membahayakan tubuh.


Tidak boleh bersifat radioaktif

Hal ini sangat berbahaya karena dapat menghilangkan nyaw seseorang. Sehingga zat-zat yang mengandung sifat radioaktif tidak dapat dijadikan acuan mata uang. Hal ini mnyingkirkan kandidat sekumpulan unsur-unsur yang termasuk dalam golongan aktinida dan lantanida (unsur golongan transisi dalam).


Harus langka

Hal ini akan menjadikan suatu logam/unsur bernilai, tapi tidak boleh terlalu langka untuk mendapatkannya. Di kategori terakhir ini, setelah melewat 4 kategori maka hanya tersisa 5 element. Yaitu radium, paladium, platinum, perak dan emas.

Dari 5 element tersebut dieliminasi lagi

Karena perak telah dijadikan mata uang, jadi dia keluar dari daftar kandidat terbaik. Tinggal 4 element. Radium dan paladium baru ditemukan pada tahun 1800-an. Sehingga dua unsur ini tidak dapat dijadikan mata uang(karena prosesjual beli telah terjadi beberapa ribu tahun yang lalu). Tinggal emas dan platinum. Platinum, seperti yang kita ketahui, hanya dapat dibentuk/dilelehkan pada derajat 1600 celcius, sehingga untuk melelehkannya perlu teknologi terkini, teknologi modern. Jadi platinum gagal karena alasan teknologi. Sehingga yang tersisa tinggalah emas semata.

Emas karena solid(padat) tapi berharga, tidak bereaksi pada cuaca, tidak berkarat, tidak mebunuh. Sehingga emas menjadi patokan mata uang emas.

sumber : livescience.com
              wikipedia.co.id
              casciscus
              businessnyo.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar