Sabtu, 19 April 2014

SEMANGKA ( Buah Yang Luar Biasa )

0 komentar

Buah Semangka memang sangat mudah ditemukan di Indonesia, negara tropis. Buah ini menjadi primadona saat cuaca panas, dan harganya pun terjangkau untuk semua kalangan. buah ini selain rasanya yang lezat ternyata mengandung berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. penelitian akhir – akhir ini bahkan mengungkapkan bahwa semangka mampu merangsang meningkatnya gairah seks.

Buah semangka dengan nama latin citrullus lanatus,  memiliki kandungan air yang cukup tinggi sebesar 92 % dari total buah. Sehingga dengan tingginya kadar air yang terkandung, semangka efektif untuk melawan rasa haus dan mengatasi dehidrasi. semangka juga mengandung kalium dan kalsium sehingga baik untuk menghilangkan kolik.

Dalam semangka seberat 100 gram terkandung :
-          Protein 0,9 gram
-          Karbohidrat 11,6 gram
-          Vitamin A 876 IU.
-          Vitamin C 12,5 miligram.
-          kalsium ( Ca ) 10,8 miligram.
-          Fosfor ( P ) 16,9 miligram.
-          Magnesium ( Mg ) 15,4 miligram.

Manfaat Buah semangka
Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, semangka ternyata memiliki berbagai khasiat yang bagus untuk mengatasi beberapa jenis gangguan tubuh. Semangka dapat digunakan untuk menghaluskan kulit dan menghilangkan flek hitam di wajah. Kulitnya mengandung klorofil, yang baik untuk kelenjar dan darah. dan beberapa manfaat semangka seperti berikut : .

1. Untuk Diet
Semangka adalah buah bebas lemak dan memiliki kombinasi kadar gula yang terbatas dan kadar air berlimpah, apalagi buah ini bersifat cepat mengenyangkan dalam lambung, sehingga buah ini dapat menjadi alternatif camilan yang sehat.

2. Mencegah Penuaan Dini
Antioksidan dalam semangka meliputi betakaroten dan vitamin C yang dapat membantu sel – sel tubuh tetap sehat. betakaroten, dikenal sebagai anti oksidan yang sangat baik juga membuat anda tetap berjiwa muda dan mencegah penuaan dini. likopen berguna juga untuk membuat wajah tampak bercahaya dan tampak segar.
Bagi lansia, buah semangka tidak hanya membantu memulihkan gangguan kesehatan lebih cepat, namun juga membantu meningkatkan kemampuan mental dan ketajaman daya ingat.

3. Menurunkan Demam

4. Ampuh mencegah sariawan

5. Memperkuat kerja jantung, mencegah dan menahan serangan jantung
Lypocene dan karotenoid yang ditemukan berlimpah di dalam semangka, terbukti meningkatkan fungsi jantung.

6. Membangkitkan libido pria
Likopen dalam buah semangka juga menyumbang khasiat khusus bagi pria yang telah menikah. buah ini bisa meningkatkan kesuburan dan membantu membangkitkan gairah seksual pria.
Percaya atau tidak, penelitian menunjukkan bahwa senyawa sitrulin dalam semangka, memiliki efek afrosidiak yang sama hebatnya dengan viagra, tapi sama sekali tanpa efek samping.

7. Merangsang keluarnya air seni lebih deras
Semangka merangsang pengeluaran air seni lebih deras sehingga sangat baik bagi mereka yang memiliki ganguan buang air kecil.

8. Mampu menurunkan kadar kolesterol, mencegah darah tinggi, dan Stroke
Semangka sangat baik bagi pengidap hipertensi / darah tinggi. Kandungan air, magnesium dan kaliumnya yang tinggi bisa menetralisasi dan menurunkan tekanan darah.
Selain itu, adanya karotenoid di dalamnya juga dapat mencegah pengerasan pada dinding arteri maupun pembuluh vena, sehingga dapat membantu mengurangi tekanan darah.

9. Mengeluarkan cacing usus

10. Bagus untuk infeksi kandung kemih

11. Membersihkan Ginjal
Karena mengandung banyak sekali kalium, yang sangat membantu dalam pembersihan racun – racun pada ginjal. selain itu, buah ini juga sangat membantu mengurangi konsentrasi jumlah asam urat dalam darah, sehingga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kerusakan dan pembentukan batu ginjal.

12. Meningkatkan kesehatan mata
Mengkonsumsi buah semangka secara teratur dapat menjauhkan anda dari rabun ayam. hal ini dikarenakan semangka kaya akan vitamin A dan betakaroten yang mampu memaksimalkan kesehatan mata.
Adanya betakaroten, vitamin C, lutein dan zeaxanthin dalam buah ini akan menjaga sebagai alat perlindungan mata dari degenerasi makula terkait usia, penyebab utama hilangnya penglihatan pada orang berusia lanjut. Senyawa – senyawa tersebut dan juga antioksidan yang terkandung didalamnya akan melindungi mata dari penyakit  lainnya seperti pengeringan air mata dan saraf optik, glaukoma, dll.

13. Mengobati Diabetes tipe 2
Para penderita diabetes seharusnya melakukan diet rendah gula. Semangka dapat menjadi salah satu pengganti gula alternatif karena rasanya yang manis namun kadar gulanya rendah. Selain itu, berbagai vitamin dan mineral didalamnya membantu berfungsinya senyawa insulin di dalam tubuh, sehingga mampu menurunkan tingkat gula darah.
Kandungan arginin yang tinggi pada buah semangka dapat membantu mengobati diabetes tipe 2 ( karena gaya hidup ). Penelitian menemukan arginin dapat meningkatkan metabolisme glukosa dan sensitifitas insulin, keduanya membantu menurunkan kadar glukosa yang tinggi dan berhubungan dengan diabetes.

14. Mencegah Kanker
Kandungan lycopene / likopen dalam semangka juga mampu mencegah kanker. likopen mampu menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, dan melumpuhkannya.


Fakta – Fakta tentang semangka
-          Semangka masih sekerabat dengan melon dan mentimun.
-          Semangka ternyata termasuk jenis sayur – sayuran , bukan buah.
-          Semangka mengandung 92 % air dan 8 % gula.
-          Lycopene, antioksidan dalam buah semangka, jenisnya sama dengan apa yang terkandung pada buah tomat mentah. secangkir semangka yang mengandung likopen setara dengan 2 buah tomat sedang yang mengandung likopen juga.
-          Semangka adalah sumber beta-carotene.
-         Kulit semangka adalah sumber alami citrulline, yaitu asam amino yang merangsang produksi nitric oksida yang memperlancar aliran darah melalui pembuluh arteri.

-        Penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi buah semangka dapat mengurangi resiko terhadap beberapa jenis kanker.

Sumber : - Sehat dan Bugar dengan terapi jus
              - Wikipedia

0 komentar:

Posting Komentar