Minggu, 13 April 2014

Sehat Dengan Jus

0 komentar
Siapa sih yang tidak mau sehat? semua pasti pengen sehat dan normal dengan berbagai upaya dan cara. dari olahraga, mengatur pola makan dan minum, merutinkan melakukan kebiasaan yang baik, menjauhi hal – hal yang merusak tubuh, dan menjaga agar kondisi emosi kita berimbang. ngomong – ngomong tentang berbagai upaya untuk menjadi sehat, ada beberapa cara yang mudah dan menyenangkan untuk menjadi sehat, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi minuman sehat : jus buah dan sayur?
Memang jus dapat membuat kita sehat? iya bisa. sejatinya mengkonsumsi jus buah dan sayur adalah bentuk baru dalam mengkonsumsi buah dan sayur.  Malah ada sisi lebihnya, kita dapat mencampur beberapa jenis buah dalam satu waktu, menciptakan rasa yang enak sesuai keinginan kita, yang mungkin tidak dapat kita rasakan saat mengkonsumsi buah dan sayur secara konvensional. Dan lagi, kita dapat mengcover rasa sayur atau buah yang tidak terlalu kita suka saat mengkonsumsinya. juice dan mixing buah sayur ini secara otomatis memberikan kita manfaat akan berbagai macam buah yang kita konsumsi, lebih untung bukan?
Berikut adalah cara – cara mendapatkan manfaat yang maksimal dari jus buah dan sayur yang akan kita konsumsi.

1. Pilihlah bahan Jus yang masih segar
Kesegaran adalah syarat mutlak dalam mengkonsumsi buah dan sayur. karena dalam kesegaran, manfaat buah dan sayur akan menjadi maksimal dibandingkan bila dalam keadaan tidak segar, frozen, dan kering. pada saat masih segar, banyak nutrisi, serat, mineral dan vitamin yang masih terkandung.
Ada beberapa cara untuk memastikan buah atau sayur tersebut segar. dari penampilan, dari warna, juicy atau tidaknya, dan tidak lembek/lemas. Ada juga pemilihan kesegaran dengan menjauhi warna yang mengkilat ( kemungkinan dilapisi lilin ), tidak adanya bercak putih pada sayuran, lubang-lubang kecil dsb.

2. Kurangi penggunaan pemanis
Meskipun rasa jus buah, atau campuran buah dan sayur sudah agak enak untuk dikonsumsi, tapi sebagian besar masyarakat mengkonsumsi jus dengan tambahan pemanis seperti gula, krimer, dan pemanis buatan dalam porsi yang lumayan. hal ini perlu diwaspadai untuk pengkonsumsi jus, Bukan kesehatan yang didapat tetapi malah penyakit jangka panjang yang mengancam.
terus bagaimana kita mensiasatinya? salah satu caranya adalah menghindari penggunaan pemanis, mengganti pemanis dengan bahan makanan yang lebih sehat seperti yogurt, madu, dan susu, mendapatkan pemanis dari buah – buah yang dicampur. mungkin hal – hal tersebut dapat menjadi alternatif untuk menghindari penggunaan pemanis yang merugikan di kemudia hari.

3. Minumlah secara Benar
Minumlah secara bijak dan benar. istilah ini benar adanya. kita tidak mau kan, sesuatu yang bagus, yang kita buat atau yang kita beli, akan menjadi sia – sia karena kesalahan pada eksekusi akhir. ya, ada berbagai tata cara dalam mengkonsumsi jus. seperti cepat – cepat meminumnya ketika jus tersebut jadi. waktu ideal untuk mengkonsumsi jus setelah jadi adalah kurang lebih 20 menit maksimal. hal ini dikarenakan sel – sel pada buah dan sayur akan pecah ketika kita menghaluskannya untuk menjadi jus, kalau tidak cepat – cepat diminum, jus akan teroksidasi perlahan – lahan.
Ada juga saran, konsumsilah jus hijau ( utamanya sayur ), dalam keadaan perut kosong. Hal ini dikarenakan, tubuh akan lebih mudah dan cepat menyerap nutrisi – nutrisi yang terkandung didalamnya dibandingkan saat kondisi perut full.
Konsumsilah saat pagi hari, agar manfaatnya berasa saat beraktifitas. hal ini untuk mendongkrak pemenuhan nutrisi tubuh tanpa menganggu.
konsumsilah secara rutin. manfaat jus akan terasa bila mengkonsumsinya secara rutin. hal ini juga untuk pemenuhan kebutuhan vitamin dan serat sehari – hari. dan terakhir, konsumsilah secara bervariasi. usahakan ada beberapa campuran dalam jus tersebut, agar kita mendapat berbagai manfaat buah yang digunakan.

4. Teliti Campuran Buah dan sayur
Telitilah campuran yang digunakan sesuai dengan kebutuhan. ada berbagai kebutuhan dan keperluan yang diinginkan orang ketika mereka mengkonsumsi jus. ada yang bertujuan untuk menyembuhkan jerawat, anti keriput ( anti aging ), untuk demam, maag, pemenuhan gizi yang berimbang dsb.
Hal ini patut diperhatikan, karena kita akan mendapat manfaat yang multiguna ketika kita mengkonsumsi jus sekali. selain pemenuhan nutrisi, tujuan seperti menyembuhkan, mencegah, dan mempertahankan kesehatan dapat terpenuhi.


Terakhir, mengkonsumsi  jus memang baik untuk kesehatan, namun kebiasaan hidup sehat yang lainnya, seperti olahraga yang rutin, menjauhi kebiasaan buruk, tidak merokok, dsb harus terus dilakukan. jus tidak bisa digunakan sebagai patokan sehat tanpa melakukan berbagai aktivitas kebiasaan hidup sehat lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar