Minggu, 24 April 2011

Cara menghidari dan mengurangi efek samping Obat

0 komentar
 Kalau di postingan saya yang terdahulu tentang efek samping Obat, g kebayang kan? obat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan, justru dapat berbalik aran melemahkan bahkan sampai menyebabkan kerusakan fatal pada tubuh dan jiwa. nah, obat memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia dewasa ini, semakin kita berkembang, semakin ke era moderenisasi, gaya hidup akan semakin tidak seimbang sehingga obat menjadi suatu kebutuhan pokok. 
  Lantas bagaimana kita dapat menghindari efek samping suatu Obat atau minimal menggurangi efek samping nya? berikut ada beberapa ulasan hasil blog walking dari klik blog yang tentunya sudah saya kemas dengan gaya sendiri, semoga bermanfaat.

Tips-tips menghindari dan mengurangi efek samping Obat.

1. Kurangi Pemakaian Obat.
Ini adalah Tips yang terbukti ampuh. mengurangi bukan berarti mengkonsumsi dengan dosis setengah atau seperempat. mengurangi disini bisa berupa mengurangi keseringan pengonsumsiannya atau bisa juga hanya mengkonsumsi obat disaat-saat genting (sakit parah). mengenai keberhasilannya, tergantung pribadi masing-masing. Apakah bisa atau tidak.

2. Cari Alternatif atau Subtitute pengobatan lain.
Hal kedua adalah mencari pengganti Obat yang kita konsumsi. biasanya, kita akan mencari pengobatan herbal atau obat lain yang resiko efek sampingnya kecil tetapi memiliki khasiat yang sama seperti yang kita inginkan. cara ini juga boleh dicoba.

3. Baca dosis dan aturan Pakai.
Dosis adalah suatu kekuatan obat. bacalah dosis dengan cermat ketika anda akan mengkonsumsi obat. Bila dokter memberi setengah maka anda harus memakai setengah tidak boleh berlebihan, begitu juga saat dosisnya penuh maka anda harus mengkonsumsi penuh.

4. Lihat tanda peringatan.
misalnya obat x akan menyebabkan mengantuk. maka jangan anda minum saat anda akan berkendara atau sedang dalam perjalanan.Anda harus melihat peringatan ketika hendak mengkonsumsi suatu obat, lalu sesuaikan dengan kondisi anda, apakah boleh atau berbahaya.

5. Ketahui Efek samping Obat.
bagaimana anda akan menghindari jika efek samping aja tidak tahu. oleh karena itu, pengetahuan akan efek samping obat yang akan anda konsumsi sangatlah perlu. karena jenis obat bermacam-macam, hal ini untuk mencegah salah konsumsi pada suatu obat.

6. Beritahu Dokter tentang Kondisi anda.
Biasanya, terdapat tanda peringatan tentang dilarangnya konsumsi suatu obat, oleh karena itu beritahu dokter tentang kondisi anda, misalnya sedang hamil, memiliki alaergi, menderita penyakit diabetes, penyakit pernafasan atau hipertensi dan sedang mengkonsumsi obat lain. hal ini merupakan kondisi umum yang perlu anda beritahukan untuk mencegah adanya komplikasi.

0 komentar:

Posting Komentar