Minggu, 09 Januari 2011

Bawang Putih

0 komentar

Bawang putih atau tanaman yang dikenal dengan Nama latinnya Allium sativum Linn, adalah salah satu jenis tumbuhan bumbu yang sangat di kenal oleh masyarakat Indonesia dan Dunia. Tanaman ini berupa tumbuhan berumpun yang bersiung-siung dan di tiap siung terbungkus dengan kulit tipis. Daunnya sendiri berbentuk pita dan akarnya merupakan akar serabut. Sedangkan untuk bunganya, bawang putih memiliki bunga putih.

karena sangking terkenalnya di Indonesia, bawang putih memiliki banyak nama yang disesuaikan oleh daerah masing-masing seperti Bawang bodas, Bawang handak,  Bawang basikong, Bawang puteh, Bawang pulek, Dasun putih, Pio-kan, Kosai boti, Lasun, Lasuna, Neuna, dan Mabida. Disamping terkenalnya, bawang putih sangat mudah ditanam di Indonesia, asal di daerah pegunungan yang cukup mendapat sinar matahari.

bawang putih di Indonesia banyak digunakan untuk berbagai keperluan baik untuk memasak, untuk mengobati penyakit juga untuk hal-hal lainnya. Untuk memasak, hampir di setiap masakan Indonesia baik dari sabang sampai merauke umumnya memakai bawang putih dan bawang merah. Sedangkan untuk kesehatan, kini bawang putih semakin dilirik untuk dijadikan obat dan pencegah berbagai penyakit karena kandungan zat-zat yang terdapat di dalamnya. 













related post :
                   khasiat bawang putih

0 komentar:

Posting Komentar