Kamis, 30 Desember 2010

Makanan pengganggu Tidur

2 komentar
    makanan, hal yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang di dunia ini. makan saat malam/ makan camilan saat malam sangatlah menyenangkan, dan kita pasti sering melakukannya. ya memang kadang makan atau minum saat malam ketika hendak tidur memang membuat kita menjadi ngantuk dan akhirnya tidur cepat, tapi kadang pula sebaliknya. ada beberapa makanan dan minuman yang apabila kita memakannya atau memakannya saat malam hari tidak membuat kita merasa ngantuk hingga tertidur tapi malah membuat kita bersemangat, berenergi dan sulit tidur saat kita mengkonsumsinya. Maka dari itu kita harus hati-hati akan makanan-minuman tersebut. berikut adalah beberapa makanan-minuman yang harusnya kita hindari waktu kita makan di malam hari.

1. Makanan Yang Diawetkan
dizaman sekarang ini, makanan yang diawetkan merupakan makanan favorit bagi berbagai kalangan manusia. sosis, sandwitch, daging asap, pentol dan masih banyak lagi. makanan tesebut memang enak sich bila dimakan sebagai camilan. dan enak lagi kalau gratis.hehehe. tapi makan makanan yang diawetkan saat malam sebaiknya anda hindari. hal ini karena kebanyakan makanan yang diawetkan mengandung mengandung kadar asam amino tyramine yang dapat memicu otak melepaskan norepinephrin, yaitu perangsang otak untuk selalu waspada. nah karena otak selalu waspada, maka untuk ngantuk pun akan sulit.

2. Minuman Berenergi
Dari namanya saja, sudah diketahui bahwa minuman ini mengandung energi. minuman berenergi mengandung zat-zat elektrolit dengan kadar tinggi dan tidak termasuk komponen-komponen lainnya. minuman berenergi pasti Memiliki kadar kafein dan asam amino taurine yang tinggi, yang mampu meningkatkan kewaspadaan dan adrenalin kita. Beberapa studi menunjukkan meski kita mengonsumsi minuman berenergi di pagi hari, kombinasi kafein dan taurin dengan dosis tinggi bisa membuat kita sulit menutup mata dan memiliki tidur yang lelap nantinya.

3. Hindari makanan Pedas
saus pedas, saus cabe, atau beberapa makanan pedas lainnya sebaiknya jangan dimakan waktu malam hari. makanan-makanan ini sangat mengganggu orang untuk tidur. kadang pedas dapat membuat perut menjadi mulas, sakit yang akhirnya akan membuat anda terjaga gara-gara sakit perut.

4. Hindari makan makanan Asam
selain makanan Pedas, makanan asam juga sangat beresiko dalam mengganggu tidur. makanan asam juga dapat membuat perus sakit, membuat perut mual sehingga sulit untuk tidur.

5. Cokelat
Suka menyeruput secangkir cokelat di malam hari? Coba ganti dengan susu hangat yang dapat memberikan relaksasi. Ketika semakin tua, banyak orang menjadi semakin sensitif terhadap kafein, bahkan kehadiran sedikit cokelat (choco chip) dalam es krim bisa membuat kita tetap tersadar, Cokelat juga mengandung tyrosine yang menstimulasi asam amino.

6.  Minuman Berkafein
nah setiap orang pasti tahu akibat kafein terhadap tidur. sebaiknya hindari mengkonsumsi minuman berkadar kafein yang tinggi saat malam hari. kafein dapat membuat anda terjaga semalaman.

2 komentar:

Posting Komentar