Jumat, 10 Desember 2010

berbagai manfaat jeruk

1 komentar
Jeruk jeruk dan jeruk. Wah buah ini begitu memikat banyak hati. Warnanya yang orange dan rasanya yang manis asam memang menjadikan buah ini menjadi primadona. Dari amerika sampai pelosok indonesia, buah ini begitu terkenal. Dan buah ini telah menjadi  icon resmi vitamin c.wkwkwk. sebenarnya sich, jeruk merupakan buah yang ajaib, ajaib karena mengandung berbagai vitamin dan nutrisi yang dapat menyehatkan juga mempertahankan tubuh dari serangan penyakit. Berikut adalah beberapa nutrisi dan khasiat jeruk bagi kesehatan.

Sumber vitamin C
jeruk sangat identik dengan vitamin  yang satu ini, semacam Icon resmi lah... walaupun vitamin C yang terkandung dalam jeruk kalah dari Vitamin C yang terkandung dalam Tomat, tapi jeruk lebih popular. Satu jeruk memiliki pasokan 116,2 persen dari nilai harian untuk asupan vitamin C. Vitamin C bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker usus besar karena bisa membantu mengusir radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada DNA.


Vitamin C, juga penting sebagai sistem kekebalan tubuh, baik untuk menangkal flu dan mencegah infeksi telinga berulang.


Antioksidan untuk kesehatan kulit
Antioksidan dalam jeruk membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang bisa menimbulkan tanda-tanda penuaan. Satu buah jeruk sehari dapat membantu Anda mempertahankan keremajaan kulit meski usia sudah beranjak 50 tahun.



Kaya Vitamin B6
Vitamin ini membantu mendukung produksi hemoglobin dan juga membantu menjaga tekanan darah tetap normal karena adanya magnesium. Menurut sebuah studi oleh peneliti AS dan Kanada, senyawa yang ditemukan dalam kulit buah jeruk yang disebut Polymethoxylated flavon (PMFs) juga memiliki potensi untuk menurunkan kolesterol lebih efektif dan tanpa efek samping daripada beberapa resep obat lainnya.



Serat jeruk untuk cegah diabetes
Serat dalam jeruk membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Karena itulah, jeruk aman dijadikan makanan selingan sehat bagi penderita diabetes. Gula buah alami dalam jeruk, fruktosa, dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap normal.



Kaya beta-cryptoxanthin
Mengkonsumsi makanan yang kaya akan beta-cryptoxanthin, sebuah karotenoid dalam buah dan sayuran berwarna oranye-merah yang banyak ditemukan pada jeruk, jagung dan labu bisa menurunkan risiko serangan kanker paru-paru.

Dapat menjadi pengharum
Pada heran kan mengapa bisa? Kini banyak orang menggunakan kulit jeruk yang berbau khas sebagai pengharum ruangan. Hal ini bisa berupa mengeringkan jeruk dan mengambil minyaknya. Bahkan  perusahanan kosmetik yang kini melirik jeruk sebagai bau parfum yang menjanjikan.

Bahan Spa
Tidak hanya sebagai parfum, jeruk juga menjadi komoditi menjanjikan sebagai bahan spa, hal ini karena kandungan zat-zat yang terdapat dalam jeruk yang mampu membuat kulit menjadi lebih halus dan segar.

Nah kalau anda sudah mengetahui manfaatnya, sekarang bersediakah anda mempraktekannya? Mengkonsumsinya?. Ya, ada berbagai macam cara orang mengkonsumsi jeruk, dari cara yang sangat sederhana (kupas lalu makan), sampai dibuat kue, jus, dan berbagai selai. Hal ini wajar karena selera orang sangat berbeda-beda. It’s okay. Yang penting, berbagai makanan olahan jeruk tersebut tidak menghilangkan nutrisi yang terkandung didalamnya, seperti saat kita mengkonsumsinya langsung.

1 komentar:

Posting Komentar