Rabu, 10 November 2010

Langkah mudah menyelamatkan lingkungan

2 komentar

Akhir-akhir ini marak sekali bencana ya bencana dimana-mana, tidak di gunung, tidak di laut, tidak pula di dataran landai..semua merasakan, semua  terkena. Semua itu memang sudah takdir Tuhan yang g bisa dirubah. tapi apakah semua penyebabnya karena sudah dari sononya??

Bencana disebabkan 2 hal pastinya,  pertama emang sudah sebab kehendak-Nya, dan kedua disebabkan oleh beberapa makhluk hidup contohnya manusia yang menjadikan Tuhan  menurunkan ujian-Nya.
Nah, kalau dilihat dari penyebabnya, mungkin kejadian bencana tersebut dapat di minimalkan dengan cara mengurangi penyebabnya. Nah salah satu cara adalah....menyelamatkan lingkungan dengan merawat dan memperbaiki yang sudah ada.  Dengan cara  yang simple, dimulai dari kita sendiri dan lingkungan sekitar bisa kok, begini caranya :

1.                  Hematlah energi
Berhemat energi adalah alngkah yang tepat untuk dapat  global warming, utamanya pada pengunaan energi fosil dan listrik. Walaupun energi listrik dapat diperbaharui dan terlihat tidak berefek pada global warming, tapi hal ini salah. Untuk  menghasilkan energi listrik, utamanya di indonesia, sampai sekarang masih mengunakan energi fosil(minyak bumi dan gas bumi) untuk dirubah ke energi listrik ini.
Untuk menghematnya, sebaiknya anda memakai listrik seperlunya saja, matikan listrik pada suatu media jika sudah tidak digunakan, dan cobalah untuk mengurangi waktu pemakaian listrik setiap hari.

2.                  Buanglah sampah pada tempatnya
Hal ini sangat jelas: buanglah sampah pada tempatnya. Jadi jangan sekali-kali anda membuang sembarangan. Iya kalo Cuma anda yang melakukannya, tapi kalo ternyata jutaan masyarakat indonesia melakukannya? Pasti banjir, la sekarang aja yang membuang sampah sedikit masih saja banjir. Mudah lho buang sampah, Cuma bawa dan taruhnya di tempat sampah. G perlu repot-repot coy....
Tambahan lagi, cobalah pisahkan sampah berdasarkan jenis-jenisnya. Sampah yang dapat terurai, cobalah jadikan kompos yang secara tidak langsung kita telah memelihara keadaan tanah kita. Sampah kering  atau sampah palstik, tampung sampai jumlahnya  banyak lalu jualnya kepada pengumpul plastik bekas( gimana malah untung kan??).

3.                   Rumah bersih
Ya ini juga meruakan cara yang menyenangkan dan menjaga  lingkungan. Gimana tidak menyenangkan? Toh kita sendiri yang menikmatinya. Nah rumah bersih pastinya akan mengurangi nyamuk, hewan2 yang hidup di tempat kotor, jamur, dan basil2 pembawa penyakit. Sehingga dengan bersihnya rumah kita, sehat pula kita.

4.                  Menanam yuk
Tak dapat dipungkiri, bumi semakin panas, semakin banyak karbon yang terkonversi menjadi CO2 dan CO. Nah pastinya akan semakin panas dan menganggu pernafasan. Cobalah untuk menanam tanaman yang banyak memiliki fungsi ganda. Contohnya kita menanam tanaman trembesi, tanaman ini jika sudah besar dapat menjadi tanaman peneduh dan menghasilkan oksigen terbesar diantara tanaman2 tropis lainnya. Atau menanam pohon sukun. Sukun merupakan sumber karbohidrat alternatif selain nasi, dan sukun dapat menyumbang oksigen. Jika anda senang berkebun, tanamlah sawi dan ketela rambat, 2 tanaman ini terbukti mengurangi kadar timbel di udara sekitar yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor.
Selain beberapa manfaat terhadap udara. Kegiatan menanam juga membantu sumber daya air. Contoh penanaman kembali hutan yang gundul dapat menjaga sumber daya air, bahkan air yang semula keruh dapat menjadi jernih. Menanam juga dapat mencegah erosi dan abrasi. Di daerah pegunungan umumnya di sekitar ladang ditanami pohon2, didekat teras iring juga. Di pantai, akan terlihat mana yang terkena abrasi dan yang terjaga. Kalau terdapat tanaman mangrove maka akan terjaga dari abrasi dan mendatangkan banyak ikan (nah loe...nilai ekonomis lagi).


Untuk itulah, akhir-akhir ini penghijauan digalakkan. Dan menurut teori, setiap orang wajib  terwakili oleh 2 ponon besar. Maksudnya? Jumlah oksigen yang di hirup 2 orang pertahun sama dengan jumlah oksigen yang dihasilkan satu pohon besar pertahun, nah yang sisanya akan berperan mengurangi pemanasan global.

5.                 Gunakan air dengan bijak
Dengan bijak. Dengan menghemat pemakaian air bersih, tidak mencampur air bersih dan kotor(saat membuangnya). Jangan pula buang air kotor langsung ke tanah. Hal tersebut dapat meresap menuju air tanah dan bercampur. Juga dapat membunuh tumbuh-tumbuhan.
6.        
            kurangi mengunakan kertas
Bukannya saya propaganda tentang larangan mengunakan kertas. Tapi, kerta termasuk penyumbang global warming secara langsung. Jika bisa, usahakan menulis  diary, kegiatan2 pada media elektronik. Usahakan menggunakan lap, atau kain setelah makan .usahakan meminimalkan pemakaian kertas. barangkali ebook lebih baik dari pada buku. Karena pembuatan tiap lembar kertas, menggunakan berbagai sumber daya, seperti menghabiskan air bersih, pastinya memotong pohon, juga mengunakan energi yang besar.
7.        
            Ajaklah orang
Tidak perlu kampanye untuk mengajak orang. Yang perlu anda lakukan adalah mencari 2 orang, lalu tularkan semangat dan kegiatan positif ini secara intensif, bimbinglah berkala. Seperti mencari downline untuk MLM, tiap yang ini gratis dan berdasarkan kesadaran masing-masing individu. Lalu suruhlah tiap masing-masing orang tersebut untuk menularkannya kepada orang lain.
Atau begini, mulailah mengajak dari keluarga, terutama anak. Anak kecil yang dari kecilnya mulai di ajari akan terasa hasilnya di masa depan.
8.      
                        Mulai sekarang
      Buat apa menunggu-nunggu? Toh ini kegiatan mulia dan sangat-sangat mudah. Ngapain ditunda-tunda,     cukup ngelakuin 2 dari 7 hal tersebut sudah cukup.ayo start now....
Saya tahu anda bisa....cayo

2 komentar:

Poskan Komentar