Sabtu, 13 November 2010

kebiasaan-kebiasaan yang merusak otak

6 komentar


otak, merupakan bagian yang sangat vital melebihi organ gerak. otak juga sering disebut sebagai head commandernya tubuh. karena otak menjadi penentu seluruh aktifitas tubuh yang dapat digerakkan dengan sadar. namun, seiring dengan salahnya  seseorang membiasakan diri, melakukan aktifitas tertentu, ternyata membuat kinerja otak semakin menurun dan menjadi rusak. untuk itu pencegahan wajib dilakukan berupa menghindari berbagai kebiasaan dan kegiatan yang dapat merusak otak.

diantara berbagai kebiasaan tersebut, akan saya sebutkan beberapa yang dapat merusak otak. diantaranya :

1. Tidak sarapan
tidak sarapan, akan berakibat menurunnya kadar gula dalam darah yang akan mengakibatkan lemasnya seseorang, hal ini juga dapat menimbulkan berkurangnya suplai nutrisi ke otak. di samping itu, jarang nya melakukan sarapan, dapat menyebabkan seseorang mengidap resiko serangan jantung yang lebih tinggi saat usia di atas 30 tahun di banding orang yang rajin sarapan.

2. kebanyakan makan
kebanyakan makan akan berakibat buruk pada otak jika kebanyakan tersebut pada makanan yang banyak mengandung lemak. hal ini menyebabkan mengerasnya pembuluh darah otak karena penimbunan lemak pada bagian dalam pembuluh. disamping itu, kebanyakan makan akan menurunkan kinerja seseorang yang nantinya akan berimbas pada kinerja otak.

3. terlalu banyak makan Gula
termasuk hal yang merepotkan. dimana saat kita kekurangan gula maka suplai nutrisi ke otak akan berkurang. tapi, jika kebanyakan hal yang berbahaya juga akan terjadi. saat kebanyakan dalam waktu lama, akan menyebabkan terganggunya penyerapan protein dan nutrisi, sehingga terjadi ketidakseimbangan gizi yang akan menganggu pertumbuhan otak.


4. polusi udara
polusi udara seperti banyaknya gas CO2 dan CO yang kita hirup, akan menyebabkan berkurangnya oksigen yang terangkut dalam darah, sehingga mengurangi suplai oksigen ke otak.  kurangnya oksigen dalam otak dalam jangka waktu menit akan menyebabkan beberapa bahkan puluhan sel otak mati. sehingga akan menurunkan efsiensi otak.

5. Rokok
Rokok, indonesia adalah salah satu negara pengkonsumsi rokok terbesar di dunia. mulai dari anak kecrat. rokok mempunyi efek double dalam menurunkan bahkan merusak otak. pertama, rokok mengurangi jumlah oksigen yang di suplai ke otak, dan yang kedua, rokok mengandung beberapa zat yang dapat merusak otak secara permanen.

banyak orang yahudi percaya bahwa rokok akan membuat otak cacat pelakunya maupun pada keturunannya. hal ini juga diperkuat dengan akibat yang ditimbulkan rokok meliputi hampir sebagian besar masalah kesehatan.

6. Kurang tidur
Buat mahasiswa sekalian, anda harus berhati-hati. jangan sering bergadang, usahakan tidur malam yang cukup (6-8 jam). karena kalau tidur anda sering kurang, hal ini akan berakibat mempercepat kerusakan sel2 otak kalau dilakukan dalam jangka waktu yang lama.


7. Menutup kepala saat tidur
wah urusan menutup kepala, pasti menutupi nya sampai hidung dan mulut. nah kalau anda melakukannya saat tidur, anda akan membiarkan gas karbondioksida bersirkulasi di sekitar mulut dan hidung anda, sehingga hal ini akan membahayakan sel2 otak anda.


8. Kurang berfikir
berfikir pada dasarnya adalah stimulus yang sangat penting bagi otak, selain seni. berfikir dan belajar akan melatih otak untuk bekerja lebih. semakin sering kita berfikir dan belajar, maka jumlah jaringan penghubung antara tiap-tiap sel akan semakin banyak, dan hal ini akan mempercepat tingkat konektifitas otak. sebaiknya, kurang berfikir akan menyebabkan resiko pikun lebih cepat.


9. memakai zat adiktif
 pemakaian zat adiktif ini, akan membuat kita merasa bahagia dan bebas, tapi ternyata hal ini memanipulasi kerja otak tengah bagian depan. semakin sering kita mengkonsumsi zat adictif, maka akan membuat otak tengah bagian depan semakin mengecil.

6 komentar:

Posting Komentar