Sabtu, 30 Oktober 2010

cara membuat password aman

5 komentar

Cara mengamankan password


Sering kali beberapa rahasia kita terbongkar. Mulai dari yang terkecil sampai yang terbesar. Kalau rahasia yang bagus tidak apa-apa, tapi kalau rahasia yang penting atau yang memalukan pasti kita akan merasa dunia ini seolah-olah huancur...lebur kayak tumpukan sampah.  Nah tau sendiri kan, tempat kita menyimpan rahasia?. Di jaman yang secanggih ini (minimal lebihlah dari jaaman majapahit ) biasanya kita menyimpan password kita dalam media elektronik. Yang bisa berupa melalui komputer, hp, laptop dan lainnya. Tapi taukah anda cara menyimpan dengan mengoptimalkan keamanan password agar lebih aman??? Kalau begitu, mari kta simak tips-tips berikut ini. Cekidot bro....mumpung gratis



1.       Tidak menggunakan default password
Tahukan apa  itu default password? Default password adalah password awal yang biasanya di beri oleh provider atau produsen. Default password untuk satu tipe sama. Nah satu tipe misalnya HP mempunyai ribuan user. Kalau default password digunakan/tidak di ganti maka resiko terbobolnya lebih gampang.

2.       Jangan pernah mengunakan password hint
Password hint, seperti namanya password hint adalah pengingat isi password tersebut. Password hint biasanya digunakan agar seseorang tidak lupa akan passwordnya. Tapi penggunaannya ini terlalu berbahaya, karena dapat terbobol oleh orang yng mengetahui kebiasaan, dan tingkah laku kita sehari-hari.

3.       Tidak menuliskan password
Nah ini yang sering dilakukan oleh pelupa seperti saya,menuliskan password pada secarik kertas atau pada note pad.. untuk saat ini memang saya menggunakan cara ini, tapi saya sarankan jangan pernah menuliskan password anda pada sebuah media. Belum tentu kan yang mengakses media itu anda sendiri?, kalau orang lain gimana?.

4.       Menggunakan password yang kuat
Definisi password kuat biasanya berbeda-beda. Tapi, pada umumnya password yang kuat berupa kata yang panjang, gabungan huruf, angka,dan karakter, lebih dari satu kata. Penggunaan besar dan kecil huruf serta kata yang g bisa dieja.

5.       Sering mengubah password
Ada baiknya juga hal ini dilakukan, sering-seringlah mengubah password anda dalam kurun waktu tertentu. Hal ini biasanya membuat kita malas, karena kita perlu mengingat-ingat password baru kita yang kadang kala membuat  kita lupa. Tapi, lebih baik susah dari pada kehilangan. Benarkan?

6.       Tidak menggunakan password yang sama untuk beberapa account
Nah ini juga termasuk kebiasaan saya, 1 password untuk semua account. Emang praktis juga sich, tapi begitu kebobolan mungkin akan segera menyusul kebobolan-kebobolan yang lannya. Bahkan g menutup kemungkinan semua account kita di bajak.

7.       Jangan menggunakan TTL, nama dan hal2 lain yang diketahui orang tentang diri anda
Kalau cara ini, pasti akan membuat kita ingat, ingat terus. Tapi orang sekitar kita pasti biasanya tahu. Oleh karena itu, usahakan jangan menggunakan hal-hal tersebut.

Sumber : detik
                        kitakito

5 komentar:

Posting Komentar