Jumat, 01 Oktober 2010

alien di Planet luar tata surya

0 komentar

baru-baru ini sejumlah peneliti menemukan sebuah planet di luar sistem tata surya kita yang di duga kuat terdapat potensi kehidupan.

“Sungguh kebahagiaan saat menemukan sebuah planet yang memiliki potensi kehidupan yang mengorbit pada bintang Gliese 581 berjarak sekitar 20 tahun cahaya dari Bumi”.kata salah seorang penemu dalam wawancara .beliau juga menambahkan bahwa dia yakin 100% di planet tersebut terdapat makhluk hidup.
Steven Vogt, profesor astronomi dan astrofisika di UC Santa Cruz, mengatakan bahwa dia yakin "hampir tidak ada keraguan") bahwa ada kehidupan di Gliese 581g, sebuah planet luar tata surya. Vogt dan rekan menemukan melalui Observatorium Keck bahwa planet tersebut mengorbit dalam "zona dihuni" sekitar katai merah Gliese 581. "Zona dihuni" – adalah sebuah istilah beberapa ilmuwan enggan untuk menggunakan mengingat banyak variabel yang terdapat dalam ilmu planet .disana ditemukan sweet spot yang tidak terlalu jauh atau terlalu dekat dengan bintang seperti air permukaan yang mungkin ada di sana.
Pernyataan Vogt's mungkin terbilang berani untuk prediksi - terutama mengingat jumlah planet hidup yang telah mereka temukan sejauh ini - tetapi pernyataannya lebih merupakan dukungan untuk perkembangan hidup daripada pernyataan bahwa dia menemukannya di tempat lain di galaksi . "Secara pribadi, mengingat mana-mana dan kecenderungan kehidupan berkembang di mana pun bisa, saya akan mengatakan, bahwa kemungkinan kehidupan di planet ini adalah 100 persen," kata Vogt kepada wartawan.

Meskipun pendapat vogt menyakini bahwa terdapat kehidupan di planet tersebut, tetapi tidak menceritakan tentang jenis makhluk hidup yang mendiami begitu juga tentang kecerdasannya.

http://www.popsci.com

0 komentar:

Posting Komentar