Sabtu, 25 September 2010

Jenis dan penyebab insomnia

0 komentar

Jenis-jenis insomnia

Insomnia adalah suatu gangguan yang berupa sulitnya tidur atau bangun lebih awal beberapa jam. Menurut para pakar psikolog, insomnia sendiri dibedakan menjadi 11 jenis yang berbeda sebab.jenis-jenis tersebut adalah :

1.Insomnia karena stres
Insomnia jenis ini di sebut juga insomnia sementara yang disebabkan karena stresoleh arena itu, insomnia jenis ini akan pulih dengan sendirinya saat sumber stres itu sendiri telah teratasi. Biasanya stres itu sendiri dari pengalaman yang buruk tapi tidak menutup kemungkinan berasal dari pengalaman yang menyenangkan.

2.Insomnia karena kebiasaan masa kecil
Ini terjadi ketika masih anak-anak tidak tidur tepat waktu dikarenakan orang tua yang tidak mengatur pola tdur mereka. Jika anak tidur pada jam-jam yang ditentukan, maka mereka dapat tidur dalam waktu yang normal. Tapi jika dibiarkan, merek mungkin masih bangun di jam-jam tidur.

3.Insomnia Idiopathic
Insomnia Idiopathic adalah suatu insomnia yang kekal, kekal disini maksudnya insomnia ini terjadi pada waktu kecil sampai dewasa nanti. Insomnia jenis ini belum bisa dijelaskan oleh suatu sebab baik itu karena masalah obat, gangguan tidur lainnya,stres maupun yang lainnya. Menurut para peneliti, insomnia jenis ini mungkin disebabkan karena tidak seimbangnya tubuh tapi penyebab pastinya masih belum jelas.

4.Insomnia karena obat atau berbagai zat
Sesuai dengan namanya, Insomnia jenis ini berhubungan erat dengan obat atau berbagai zat seperti alkohol, cafein, atau jenis makanan tertentu. Tidurmu akan terganggu jika mengunakan/menkonsumsi zat-zat tersebut. Insomnia ini akan terselesaikan ketika kamu berhenti mengunakan/menkonsumsi zat-zat tersebut.

5.Insomnia karena kondii kesehatan
Insomnia tipe inidi sebabkan karena kondisi kesehatan yang tidak normal. insomnia ini sendiri ditandai dengan: sulitnya untuk tidur, sering berjalan-jalan saat malam, ketidakmampuan untuk tidur kembali saat bangun dan ketakutan akan rendahnya kualitas tidur. Insomnia jenis ini dapat diobati dengan menjalani terapi.

6.Insomnia karena masalah mental
Insomnia jenis ini disebabkan oleh gangguan mental. Insomnia disini adalah gejala dari gangguan. Insomnia ini sendiri secara langsung berhubungan dengan gangguan/masalah mental, tetapi, insomnia ini memerlukan fokus yang khusus untuk pengobatannya.

7.Insomnia berdasarkan hal anorganik, belum ditentukan
Tipe insomnia ini diperkirakan disebabkan oleh subtansi yang diketahui atau penyebab fisik lainnya. Hal ini berarti penyebab insomnia ini kebanyakan berdasarkan pada gangguan alam bawah sadar, faktor psikologi atau kemampuan tidur yang kacau.
sebutan insomnia ini sendiri masih belum jelas karena masih memerlukan evaluasi dan test-test yang berlanjut. Sebutan insomnia ini diambil saat ada penderita insomnia yang kriteria insomnianya tidak cocok dengan tipe-tipe yang sudah ada.

8.Insomnia berdasarkan hal organik, belum ditentukan
Tipe insomnia inidisebbkan oleh gangguan medis, kondisi fisik atau zat-zat tertentu. Api secara pastinya masih belum jelas. insomnia ini sendiri masih belum jelas karena masih memerlukan evaluasi dan test-test yang berlanjut.

9.insomnia paradoxalitas
paradoxalitas insomnia adalah keluhan dari insomnia parah. Hal ini terjadi tanpa bukti objektif dari setiap gangguan tidur. efek tidur Siang yang menjadi parah, tetapi mereka cenderung menjadi jauh lebih parah dari yang diharapkan mengingat keluhan tidur yang tidak diungkapkan.
Orang dengan gangguan ini sering melaporkan tidur sedikit atau tidak untuk satu atau lebih malam. Mereka juga menggambarkan memiliki kesadaran kuat dari lingkungan eksternal atau proses internal yang konsisten dengan menjadi terjaga. Kesadaran ini menunjukkan keadaan hyperarousal. Fitur utama adalah terlalu tinggi dari waktu yang dibutuhkan mereka untuk tertidur. Mereka juga meremehkan waktu tidur total.

Fitur lainnya adalah bahwa tingkat kurang tidur dilaporkan tampaknya mustahil. Tingkat mereka berfungsi siang hari mungkin hanya cukup terganggu. Temuan Tujuan durasi tidur cukup normal dan kualitas cenderung hasil dari penelitian tidur semalam. Temuan ini jauh berbeda dari persepsi mereka tentang kualitas tidur yang buruk.

10.Psychophysiological insomnia
insomnia ini terkait dengan kekuatiran yang berlebihan, khususnya berfokus pada tidak bisanya tidur. insomnia ini mungkin mulai tiba-tiba atau berkembang secara perlahan selama bertahun-tahun.

Orang dengan gangguan tidur terlalu khawatir tentang insomnia mereka dan tentang menjadi lelah keesokan harinya. Sebagai hasilnya, mereka belajar untuk menjadi tegang dan gelisah sebagai pendekatan tidur. Mereka mungkin memiliki pola pikir bahwa semua berhubungan dengan insomnia dan mencoba untuk tertidur. Saat mereka khawatir tentang jatuh tertidur, mereka menjadi lebih dan lebih tegang, yang membuatnya kurang mungkin bahwa mereka akan dapat jatuh tertidur.

Ketegangan dan kekhawatiran tidur meningkat sepanjang malam, pengaturan siklus untuk insomnia berkelanjutan. Bahkan tidur rutin yang sederhana mungkin merupakan isyarat yang menyebabkan ketegangan memburuk. Bahkan, orang-orang dengan insomnia ini dapat tidur lebih baik jika jauh dari rumah. Fokus dan khawatir yang berlebihan tentang tidur adalah ciri khas bentuk insomnia.

0 komentar:

Posting Komentar