Minggu, 26 September 2010

cara investasi emas

0 komentar





meskipun akhir-akhir ini harga emas cenderung tetap dan bahkan turun, tetapi hal ini tidak menghalangi masyarakat untuk mempercayakan aset nya pada komoditi ini.Didukung oleh kepercayaan masyarakat terhadap harga emas yang paling stabil, seringkali naik saat inflasi naik (kenaikan yang berbanding lurus dengan inflasi) dan memiliki fungsi lain selain sebagai aset maka emas merupakan pilihan yang terbaik.
Namun demikian, tidak selamanya investasi emas tersebut menguntungkan, jika krisis keuangan global terus berkepanjangan atau buruknya pemahaman anda tentang investasi pada emas maka tidak menutup kemungkinan anda akan rugi. Berikut ini adalah cara anda berinvestasi dalam emas.
1. Koin emas
Berinvestasi dengan koin emas akan lebih menguntungkan ketimbang anda berinvestasi pada perhiasan emas. Karena anda tidak dikenai biaya tambahan seperti biaya pembuatan. Juga melalui koin akan mudah terjaga kemurniannya dari berbagai bahan campuran lain. Tapi, kelemahan investasi pada koin emas adalah kita tidak bisa memilih dengan pilihan yang beragam mengenai berapa gram emas yang kita inginkan kaena biasanya telah ditentukan satuan-satuan koin seperti 1 gram, 5 grammaupun kelipatannya. Untuk Koin emas, anda dapat memperolehnya di Pegadaian, toko emas, maupun PT aneka tambang.
2. Saham Emas
Saham emas kini mulai trend di kalangan pelaku usaha, sayangnya saham ini belum terlalu banyak di Indonesia. Saham emas sendiri adalah saham yang berdasarkan nilai kenaikan dan penurunan harga emas dunia.
3. Saham pertambangan emas
Hampir sama dengan saham emas, Cuma investasi di bidang ini berupa menanam saham di Perusahaan pertambangan yang menambang emas dan keuntungannya berdasarkan keuntungan perusahaan bukan harga emas dunia.
4. Emas derivatif
Cara berinvestasi ini belum ada di indonesia, Emas derivatif atau bisa disebut deposito berjangka yang perolehan keuntungannya berdasarkan nilai emas yang berlaku.
5. Rekening emas
Hampir sama dengan bank syariah, Cuma perolehan keuntungannya berdasarkan harga emas yang berlaku dan tergantung dengan bagi hasil dengan bank tempat menyimpannya.
6. Sertifikat Emas
Seperti cek, Cuma nilai yang terdapat di sertifikat emas ini adalah jumlah emas per gramnya. Misalnya sertifikat emas senilai 20 gram.

by : ari bowo

0 komentar:

Posting Komentar