Minggu, 10 Maret 2013

Tentang Telur

0 komentar


Telur, merupakan salah satu bahan makanan yang paling banyak dikonsumsi. hal ini dikarenakan rasa telur yang enak saat dimakan. Tak heran bila orang senang mengolah telur menjadi lauk teman makan nasi. Selain lezat, telur ternyata juga menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan. Bila Anda masih ragu untuk mengonsumsi telur karena khawatir kolesterol naik, ada tujuh hal yang bisa Anda pertimbangkan lagi:
 Beberapa alasan mengapa kita harus mengkonsumsi telur :


 











1. Sumber protein. Telur sumber protein yang alami, bahkan merupakan satu dari protein berkualitas tertinggi. Bahan makanan ini menyediakan semua asam amino yang diperlukan oleh tubuh kita.

2. Sumber energi. Butuh sarapan kilat? Ambil saja telur rebus. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan berprotein tinggi untuk sarapan, seperti telur, bisa membantu Anda merasa lebih berenergi dan lebih kenyang sepanjang hari. Manfaat sarapan sendiri juga untuk memperbaiki memori dan meningkatkan konsentrasi.

3. Telur itu ekonomis. Bila dirata-rata, per butir telur harganya hanya Rp 1.800-Rp 2.000 rupiah ( maret 2013 ). Artinya, jauh lebih murah daripada bahan makanan berprotein tinggi lain per porsinya.

4. Telur baik untuk jantung. Penelitian yang telah dilakukan selama lebih dari 30 tahun menyimpulkan bahwa orang dewasa yang sehat bisa menikmati telur tanpa memengaruhi risiko penyakit jantung.

5. Gampang dimasak. Hanya dengan direbus, dibuat telur mata sapi, atau telur dadar, Anda bisa mendapatkan sarapan yang lezat. Waktu memasaknya tak lebih lama daripada jika Anda membuat sereal atau oatmeal.

6. Baik untuk perkembangan janin. Telur merupakan sumber kolin, nutrisi penting untuk perkembangan janin dan bayi. Ibu hamil yang mendapatkan cukup kolin dalam menu makanannya bisa membantu mengurangi risiko cacat lahir tertentu pada bayi, dan mendukung perkembangan otak dan memorinya.

7. Mengandung vitamin dan mineral.
Sebutir telur memiliki 13 vitamin dan mineral penting dalam jumlah yang bervariasi. Sebutir telur juga hanya mengandung 70 kalori. Jadi selama tak dikonsumsi berlebihan, telur aman dikonsumsi setiap hari.

Manfaat Telur 

  Manfaat Telur banyak sekali khasiatnya, salah satu jenis sumber protein paling tinggi ini dapat dijadikan berbagai jenis makanan dan kue. Gizi yang terkandung dalam telur dapat dicerna dengan mudah oleh tubuh manusia. Sampai saat ini telur yang paling baik adalah telur yang dikeluarkan oleh ayam kampung. Ayam jenis ini tidak kebanyakan tidak diberi makanan buatan dari sentrat dan dedak sehingga alami. Telur yang dikeluarkannya pun juga lebih kecil sehingga banyak penggemar telur ayam kampung memakannya tanpa dimasak terlebih dahulu. Manfaat telur ayam kampung dipercaya dapat menambah vitalitas pria dan stamina tubuh. Biasa dikonsumsi oleh orang - orang yang setiap harinya melakukan pekerjaan berat.

   Merawat Mata
  Dalam sebuah studi yang luncurkan pada Jurnal Of Nutrition menyatakan bila kandungan karotenoid dalam telur sangat besar. Karotenoid dalam telur adalah lutein dan zeaxanthin yang dapat dimanfaatkan untuk mengurangi resiko penyebab AMD ( agerelated macular degeneration ). Kuning telur merupakan bagian yang paling banyak mengandung karotenoid. 

   Sumber Zat Besi
  Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan anemia, sakit kepala, mual, stress dan cepat stress. Zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melancarkan sirkulasi darah karena berfungsi untuk mengangkut oksigen mengedarkannya dalam tubuh. Peranan yang bisa dimanfaatkan oleh zat besi adalah daya tahan tubuh meningkat, metabolisme energi dan berbagai fungsi vital lainnya. Zat besi yang terkandung dalam kuning telur dapat engan mudah di cerna oleh tubuh manusia sehingga baik untuk kesehatan. Selain itu, suplemen makanan juga banyak dibuat dari kuning telur. 

   Sumber Vitamin
  Kandungan vitamin dalam telur sangat tinggi, bila dikonsumsi secara teratur setiap hari tubuh manusia tidak akan akan kekurangan vitamin. Seseorang yang tidak mengkonsumsi telur akan kekurangan vitamin A,E dan B12.

   Mengurangi Resiko Serangan Jantung
   Manfaat telur ternyata dapat mengurangi atau mencegah pengentalan darah dalam pembuluh tubuh manusia terutama jantung. Hal ini diungkapkan dalam sebuah studi di Biological and Pharmaceutical Bulletin bila kuning telur mengandung banyak zat yang berpotnsi untuk menghambat penggumpalan darah tetapi memperpanjang waktu pengubahan fibrinogen, protein darah, dan menjadi benang fibrin. Fungsi ini tergantung sebanyak apa manusia mengkonsumsi telur, semakin banyak mengkonsumsi maka efek pencegah pengentalan darah juga semakin kuat.

  Menurunkan Obesitas
  Ada sebuah penelitian yang melibatkan 160 orang laki - laki dan perempuan dimana semuanya adalah pengidap obesitas. Dibagi menjadi 2 buah kelompok yang satu mengkonsumsi telur dan satunya lagi menkonsumsi roti bagel dalam jumla protein yang sama. 8 Minggu setelah diberikan diet tersebut dapat ditarik kesimpulan bila yang mengkonsumsi telur turun berat badan dua kali lipat ketimbang yang makan roti.

 Mengatasi Jerawat
   Manfaat Putih telur karena mengandung banyak asam amino dan protein yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat. Caranya dengan membuat masker dari putih telur lalu diusapkan pada wajah. Selain itu juga dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat.
 
 Cara Memilih Telur
[]Cara memilih telur yang baik
  1. Kondisi cangkang telur tidak retak.
  2. Ukuran telur tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar.
  3. Warna telur tidak pucat atau terlalu gelap.
  4. Bersih dari berbagai kotoran atau pun noda.
  5. Tektur kulit telur halus mulus dan tidak kasar.
  6. Tenggelam di dalam air jika dimasukkan ke dalam air tidak terapung.
  7. Apabila diteropong terlihat jernih dan kuning telur ada di tengah telur.
  8. Baunya normal tidak berbau busuk.
  9. Bentuk lonjong telur normal tidak bulat dan tidan ceper sekali.
  10. Pilih yang dikemas dengan baik dan mengandung omega 3.
Sumber : - www.kompas.com
               - wikipedia

0 komentar:

Posting Komentar