Rabu, 22 September 2010

belajar mengikhlaskan 1

1 komentar
ikhlas atau dalam bahasa jawanya legowo adalah suatu sifat untuk mema'afkan, merelakan semua kejadian, keadaan dan keputusan yang telah terjadi.
dalam hidup ini, pasti akan terjadi atau bahkan pernah dan sering terjadi sesuatu yang tak kita harapkan, yang tak kita impikan dan yang kita mau tapi mau bagaimana lagi, nasi udah menjadi bubur(istilahnya udah terlanjur) yang semuanya itu merupakan kehendak Tuhan akan segala jerih payah usaha dan doa kita. bila hal tersebut udah terjadi, maka sering manusiaberfikiran negatif seperti menghujat tidak adilnya dunia, menghina orang-orang, merasa Tuhan g adil, merasa gagal dll dan itu wajar karena sifat manusia itu sendiri.
oleh karena itu, maka perlulah orang mengikhlaskan apa yang menjadi kehendak Tuhan, toh sama saja: udah terjadi. mau di sesali, mau di caci hasilnya tetap sama. malah kadang dari pikiran negatif inilah timbul sesuatu yang lebih buruk lagi. dan mungkin, bila orang mau mengikhlaskan dan bersyukur serta bersabar atas apa yang telah terjadi, oragn tersebut akan bangkit dari keterpurukannya (jika hal yang terjadi adalah negatif).

1 komentar:

Posting Komentar